Mudah marah, mudah melupakan

Bacaan: Efesus 4:21-32

Ada  seseorang  berkata,  “Memang  aku  mudah marah, tapi aku segera melupakannya.” Orang tersebut  adalah  termasuk  orang  yang  dianugerahi kemampuan  untuk  menyembuhkan  sendiri  luka hatinya. Tahukah Anda bahwa amarah menimbulkan dua luka, yaitu di hati orang yang marah dan lebih dalam  lagi  di  hati  si  korban?  Mungkin  mudah mengobati luka hati sendiri, tetapi, apakah kita bisa menjamin kesembuhan luka orang lain? Anugerah akan lebih terpancar saat kita mampu menguasai diri.

Penguasaan diri atau pengendalian diri adalah salah satu aspek dari buah Roh (baca Galatia 5:23). Penguasaan diri adalah kemampuan Ilahi yang diberikan Tuhan kepada orang percaya, merupakan ketetapan hati serta pikiran untuk menahan dan mengendalikan dirinya agar ia bereaksi, berbicara, berpikir dan bertindak sesuai dengan firman Tuhan. Jadi, ketika kita berbicara mengenai penguasaan diri kita berbicara mengenai dua hal yaitu berlatih dan berjuang.

Penguasan  diri  juga  seperti  tembok  yang membatasi   suatu   wilayah yang memberikan keamanan  dan  ketenangan. Ketika tembok tegak berdiri, tembok tersebut berfungsi untuk memberikan keamanan. Tetapi jika tembok itu roboh, siapa pun yang tinggal di dalam kota itu pasti  tidak  akan  merasa  aman  dan  tenang  lagi (Amsal 25:28). Kota yang roboh temboknya akan dengan mudah diporak-porandakan oleh musuh.

Salah  satu  cara  untuk  mampu  menguasai diri, ajukan satu pertanyaan pada diri sendiri, “Kita   ingin   dikenang   sebagai   apa?”   Apakah ingin dikenang sebagai orang yang pemarah atau penyayang? Apakah ingin dikenang sebagai seorang karyawan yang menjadi bagian dari masalah atau seorang karyawan yang selalu menjadi bagian dari solusi? Dengan menetapkan standar tentang siapa kita, menguasai diri menjadi hal yang lebih bisa dilakukan. Kita akan berhenti menjadi reaktif karena kita sudah menetapkan kerangka identitas kita. Kita bisa membandingkan tindakan yang hendak kita lakukan dengan standar kita.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s