TAHU ATAU MENGENAL?

Bacaan: Matius 16:13-17

Ada  perbedaan  antara  “tahu”  dan  “mengenal”. Jika kita ditanya siapakah penyanyi dunia yang terkenal dengan suara emasnya? Kita semua pasti tahu Whitney Houston. Dari mana kita tahu? Mungkin ada yang tahu dari media. Tetapi kalau kita ditanya lebih jauh apakah kita mengenal dia, mungkin banyak dari  kita  yang  tidak  mengenal Whitney  Houston secara pribadi.

“Mengenal” berarti lebih dari sekadar “tahu”. Di dalam pengenalan ada sebuah relasi atau hubungan yang intim atau dekat. Kata “mengenal” dalam Alkitab diterjemahkan dari 4 kata Yunani, salah satunya kata γινωσκω—‘ginôskô’. ‘Ginôskô’ secara konseptual berarti mempelajari untuk mengetahui, memperoleh pengetahuan dari pengamatan, mengerti, memahami dalam arti kenal dan juga memiliki pengalaman dari pengetahuannya. Hal yang sama dapat kita terapkan untuk hal rohani. Kita tentu saja tahu siapa Yesus itu. Tetapi pertanyaannya apakah kita mengenal Dia?

Saulus adalah seorang yang pandai dan cerdas dalam mempelajari Taurat dan juga  hukum-hukum agamaYahudi hasil bimbingan Gamaliel. Dalam Kitab Kisah Para Rasul, dikisahkan saat Saulus berada  dalam  perjalanan  ke  Damsyik  untuk menangkap dan membunuh para pengikut Yesus, dia  melihat  sinar  yang  begitu  terang.  Dalam Kisah Para Rasul 9:5 dicatat perkataan Saulus,“Siapakah  Engkau,  Tuhan’  Kata-Nya:  ‘Akulah Yesus yang kauaniaya itu.’” Ternyata  Saulus yang kelihatannya memiliki pengetahuan tentang agama  yang  sempurna  justru  tidak  mengenal Tuhannya.  Tetapi  setelah  mengenal  Tuhannya, hidupnya menjadi berubah total dan berdampak.

Untuk mengalami pengenalan akan Tuhan kita harus membaca dan merenungkan firmanNya, mendengar khotbah-khotbah dan pengajaran- pengajaran yang sehat, mengundang Roh Kudus untuk memberikan pengertian dan melakukan firman itu dalam kehidupan sehari-hari. Jangan mengenal Tuhan yang kita sembah hanya dari kata orang, tetapi alami Tuhan melalui setiap keadaan yang diizinkan Tuhan terjadi dalam hidup kita (Ayub 42:5).

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s