HARTA DUNIA DAN HARTA SURGA

Bacaan: Matius 6:19-24

Suatu   hari   saat   sedang   berkumpul   bersama, terlontar   satu   pertanyaan,   “Bolehkah   orang Kristen mengumpulkan harta?” Hampir semua orang menjawab, “Boleh dong ..!” Jawaban lain,“Harus dong, untuk persiapan masa depan!” Lalu, “Harta seperti apa  yang dikumpulkan?”  Rata-rata  menyebutkan materi-materi di dunia ini sepeti, uang, emas, rumah, mobil, dll.

Secara alamiah jawaban-jawaban itu keluar karena fokus akan apa yang dibutuhkan dan bernilai di dunia ini. Kalau harus mempersiapkan untuk masa depan, lalu bagaimana dengan kehidupan kekal kita di surga kelak, apa yang harus kita persiapkan? Firman Tuhan berkata, “Kumpulkanlah bagimu harta di surga…” (Matius 6:20). Seperti apa dan bagaimana caranya mengumpulkan harta di surga? Sikap hati kita dalam mengelola harta yang Tuhan percayakan menentukan letak harta kita (Matius 6:21).

Ketika kita mencari dan mengelola harta kita dengan kasih, maka kita sedang melakukan investasi surgawi; di surga tidak ada ngengat, karat dan juga pencuri. Kasih adalah tindakan yang selaras dengan kehendak Bapa, karena Ia adalah kasih. Allah menginginkan agar kita sebagai umatNya mempunyai hati yang melekat kepadaNya. Dengan hati yang melekat kepadaNya maka kita akan dapat mengerti dan memahami kehendak dan rencanaNya bagi kita sehingga kita dapat hidup dan  bertindak  sesuai  dengan  kehendakNya  itu dan dengan demikian kita dapat menyenangkan hatiNya.

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s