BERSUKACITA, BERDOA DAN BERSYUKUR

Bacaan: 1 Tesalonika 5:12-22

Berikut sebuah petikan doa seorang anak, “Engkau tahu  TUHAN  ujian  matematikaku  hari  ini sangat buruk, tetapi aku tidak mencontek walaupun teman-temanku  yang  lain  melakukannya.  Tuhan, Engkau tahu ibu memukulku lagi. Sakit sekali, tetapi aku bersyukur masih memiliki seorang ibu. Dan rasa sakit ini pasti akan hilang. Lihat lukaku ini Tuhan, aku tahu Engkau mampu menyembuhkannya, di sini ada bekas lukanya. Tolong jangan marahi ibuku ya, memang dia sedang lelah dan khawatir memikirkan kebutuhan  makan  dan  biaya  sekolahku.  Itulah mengapa  dia  memukulku.  Tuhan,  bagaimanapun juga aku tahu Engkau menyukaiku, karena aku tidak perlu menjadi siapa pun untuk menyenangkan hati-Mu. Engkau adalah Sahabatku.”

Rasul Paulus menasihati jemaat di Tesalonika untuk selalu bersukacita, berdoa dan bersyukur. Sebab itulah yang dikehendaki Allah. Mengucap syukur bukan hanya ketika kita menerima berkat, melainkan dalam segala hal, baik dalam kekurangan maupun kelimpahan. Cinta adalah menerima dan menikmati apa yang ada, bukan apa yang tidak ada.

Dari situ hidup kita akan dipenuhi dengan rasa syukur. Betapa  senangnya  hati  Allah  ketika  kita tanpa malu-malu membawa persoalan-persoalan kita  kepadaNya  dengan  ucapan  syukur!  Anak pada tulisan di atas tersebut tidak meminta Allah memuaskan keinginan hatinya. Ia yakin bahwa Tuhan mengetahui betapa banyak keinginannya. Ia hanya mengucap syukur atas segala yang mampu dia lakukan dan segala yang ada dalam kehidupannya. Anak ini memanggil Tuhan sebagai Sahabatnya. “Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu, dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran” (Amsal 17:17). Paulus berkata, “Nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur” (Filipi 4:6). Perhatikan bahwa Allah tidak berjanji untuk memberikan semua yang kita inginkan, tetapi memberikan “damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus” (Filipi 4:7).

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s