PEMBERIAN KEPADA ALLAH

Bacaan: Roma 12:1-8

Dahulu,  ada  seorang  pelukis  profesional  yang diminta  untuk  melukis  tentang  penyaliban Tuhan Yesus. Pelukis ini belum percaya kepada Tuhan Yesus. Untuk memulai lukisannya, ia mulai membaca Alkitab dari Perjanjian Lama hingga Perjanjian Baru. Setelah selesai membaca seluruh isi Alkitab, ia mengerti tentang  kemurahan  Tuhan  dan  ia  pun  bertobat. Lukisan yang sampai sekarang dipajang di sebuah gereja di Jerman itu, sungguh-sungguh lukisan yang mengekspresikan  sebagai  suatu  persembahan  yang hidup. Di bawah lukisan itu sang pelukis menaruh kalimat, “NyawaKu sudah Kuberikan padamu, apa yang sudah kamu berikan padaKu?”

Melalui suratnya, Paulus mengingatkan jemaat di Roma bahwa mempersembahkan tubuh kepada Tuhan adalah sangat penting, sama seperti dalam ibadah kurban. Para nabi dalam Perjanjian Lama menegaskan bahwa ketaatan lebih penting daripada kurban-kurban  yang  dipersembahkan  (1  Samuel 15:22). Jadi, persembahan yang hidup adalah penyerahan diri kita untuk menempuh kehidupan baru, yang menjauhi dosa dan menentang kuasa dosa itu dalam bentuk ketaatan akan setiap firman- Nya (Roma 6:4,11; 8:11).

Ibadah orang Kristen bukan hanya pada hari Minggu di dalam gedung gereja. Ibadah tidak hanya dalam bentuk pujian, doa atau sejenisnya. Ibadah harus dilakukan terus-menerus, di manapun kita berada, melalui apa pun yang kita lakukan, karena pada dasarnya ibadah adalah memberikan apa yang layak untuk Allah, yaitu apa pun yang kita miliki, termasuk seluruh hidup kita.

Akibat dari persembahan yang berkenan adalah kemuliaan Tuhan dinyatakan di tengah- tengah kita (2 Tawarikh 5 & 7), Tuhan akan berperang untuk kita (2 Tawarikh 20:21,22), jawaban doa (2 Tawarikh 1:6,7), kelepasan dari setiap belenggu (Kisah Para Rasul 16:25-30).

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s