RUMAH YANG DIKEHENDAKI TUHAN

Bacaan: Yohanes 2:13-22

Dalam dongeng negeri 1001 malam, terdapat satu kisah tentang Ali Baba dan para penyamun. Tiap kali selesai merampok, para penyamun itu selalu lari ke gua, yang menjadi sarang atau rumah mereka. Di rumah itu, mereka merasa aman dan puas bersenang- senang, sebelum keluar untuk merampok lagi.

Bacaan kita hari ini menunjukkan Tuhan Yesus yang  marah  dikarenakan  bait  atau  rumah  Allah yang seharusnya menjadi rumah doa berubah fungsi menjadi sarang penyamun. Pada masa itu umat yang datang untuk mempersembahkan korban kepada Allah harus menukar atau mengganti dengan hewan korban  yang  dijual  di  Bait  Allah  dengan  harga yang sangat mahal. Demikian pula umat yang mau mempersembahkan uang harus mengganti mata uang Romawi atau negara asal mereka dengan mata uang Israel (dirham) yang nilai kursnya ditinggikan sehingga sangat memberatkan bagi para peziarah yang miskin. Para pedagang yang berjualan di pelataran Bait Allah telah menjadikan Bait Allah sebagai tempat sarang pengumpul kekayaan.

Rumah doa, secara fisik, adalah tempat di mana umat Tuhan menaikkan doa, pujian, dan penyembahan, dan Allah hadir di tengah-tengah mereka. Secara rohani, rumah doa adalah kehidupan rohani umat Tuhan yang dipenuhi doa, pujian, dan penyembahan seperti kedua puluh empat tua- tua di hadapan Anak Domba Allah (Wahyu 4:4). Suasana rumah seperti ini yang dikehendaki Tuhan ada dalam kehidupan umat-Nya.

Tuhan menginginkan agar rumah di mana kita tinggal menjadi rumah kesukaanNya. Dia mau kita memiliki prioritas untuk membangun “rumah persekutuan dengan Tuhan”, dan setiap pribadi dalam rumah itu menemukan identitas dalam hal-hal yang berkenan dan menyatakan kemuliaan-Nya.

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s