IRI HATI

Iri hati ialah perasaan tidak puas atau marah karena menginginkan  harta  milik  orang  lain,  kualitas orang lain, keberuntungan orang lain, atau kecewa atas apa yang dimiliki atau didapat orang lain. Ciri iri  hati,  dimulai  dengan  kita  tidak  suka  dengan keberhasilan orang lain, cenderung melihat sisi negatif (kekurangan)  orang  lain.  Iri  hati  bersumber  dari pengalaman dan citra diri yang buruk. Kurang kasih sayang, harga diri yang rendah, dan kemampuan diri yang kurang.

Firman yang kita baca, menceritakan tentang talenta yang dipercayakan oleh tuan kepada hamba- hambanya. 1 talenta dalam ukuran uang pada masa itu sama dengan 6000 dinar, upah kerja perhari masa itu 1 dinar. Jadi, dari 1 talenta yang dipercayakan kepada hamba-hamba itu setara dengan upah kerja selama hampir 16,5 tahun kerja, jumlah uang yang sungguh besar.

Tapi karena rasa iri hati, membuat hamba yang menerima  1  talenta  tidak  mau  mengembangkan apa yang telah dipercayakan kepadanya. Iri hati membuat orang melihat berkat menjadi beban, bahkan menimbulkan pikiran negatif kepada orang-orang di sekitarnya termasuk kepada pemimpinnya.

Kasih dan iri hati tidaklah mungkin hidup bersama dalam hati manusia. Untuk meng- enyahkan perasaan iri, kita harus mengenali perasaan itu dan mengakuinya di hadapan Allah. Jika perasaan itu belum juga sirna, kita harus mulai mendoakan orang yang membuat rasa iri hati itu timbul. Kita dapat dikatakan berhasil membasmi iri hati itu bila kita sudah mulai dapat bersukacita atas hal-hal baik yang dimiliki orang lain, bila sukacita itu lebih besar daripada keinginan untuk memilikinya bagi diri sendiri.

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s