MENGHADAPI PENCOBAAN DENGAN IMAN

Bacaan: Yakobus 1:1- 8

Suatu  pencobaan  bisa  berbentuk  sakit  penyakit atau  kehilangan  seseorang  yang  Anda  kasihi, kegagalan hidup atau kekecewaan dalam pekerjaan atau dalam studi. Pencobaan juga bisa berbentuk gosip  yang  beredar  di  tempat  Anda  bekerja  atau dalam  gereja  yang  merusak  reputasi  Anda  yang membawa kesedihan dan kecemasan, dll.

Pencobaan atau penderitaan dapat hadir dalam kehidupan kita dikarenakan kita hidup di dunia yang terkutuk di mana dosa memerintah hati manusia. Bisa juga dikarenakan kebodohan kita sendiri, kita menuai apa yang kita tabur (Galatia 6:7-9). Namun penderitaan dipakai Tuhan untuk mendisiplinkan kita (Ibrani 12:6). Kita juga bisa menderita karena iman yang kita miliki, khususnya bila kita menderita karena membela kebenaran alkitabiah (2 Timotius 3:12).

Tentu saja semua penyebab ini tidak terjadi secara  sekaligus  dan  bersamaan.  Misalnya,  tidak semua penderitaan terjadi karena kebodohan kita, diri kita, atau karena dosa. Akan tetapi, setiap penderitaan yang kita alami membawa kita menjadi peka terhadap kebutuhan kita, terhadap kelemahan  kita,  dan  terhadap  sikap  kita  yang salah yang perlu diperbaiki (1 Pet 1:6,7).

Kata   ujian   yang   dipakai   diterjemahkan dari kata trial, yang berarti sesuatu yang Tuhan izinkan terjadi agar kita ‘naik kelas’, karena setiap pencobaan itu akan membuat kita semakin dewasa rohani. Ingat selalu bahwa kita memiliki Tuhan yang memiliki rencana di mana kita tidak akan terpuruk di dalam pencobaan.

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s