HAK KESULUNGAN

Bacaan: Kejadian 25:29-34

Hak  kesulungan”  adalah  sebuah  hak  yang menjadi bagian dari anak laki-laki pertama dalam keluarga Yahudi. Dengan menerima hak ini dia menerima tempat pertama setelah ayahnya (Kejadian 43:33) dan berhak naik takhta atau menjadi pemimpin (2 Tawarikh 21:3). Selain itu anak sulung dianggap milik Allah, setiap keluarga harus menebusnya jika tidak “dipersembahkan” (Keluaran 13:11-16).                                                                                                                                                                                                         Paulus  mengingatkan  bahwa  Kristus  adalah yang sulung lebih utama dari segala ciptaan Allah (Kolose 1:15). Jadi “hak kesulungan” kita dapatkan melalui persekutuan dengan Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat. Hanya karena persekutuan ini maka kita  dapat  disebutkan  sebagai  anak-anak  sulung yang namanya terdaftar di surga (Ibrani 12:23), dan mendapat bagian dari semua janji-janji Allah.

Tapi akhir-akhir ini, banyak anak muda yang dengan mudah melepaskan “hak kesulungan” yang sudah dimilikinya hanya untuk menikah dengan pasangan  idamannya.  Mereka  yang  bergerak  di market place dengan mudah mengikuti cara-cara dunia saat bekerja atau menjalankan usaha yang dipercayakan Tuhan kepadanya.

Dengan menjual hak kesulungannya, Esau menunjukkan bahwa dia memandang rendah berkat-berkat dan janji-janji Allah. Ia bodoh ketika memilih kesenangan-kesenangan sesaat sebagai pengganti   berkat-berkat   jangka   panjang.   Ini adalah kasih karunia yang begitu istimewa, yang alangkah keterlaluannya jika kita anggap remeh. Sebagai anak-anak  Tuhan  adalah  penting  bagi kita untuk menjaga diri kita agar tidak bertindak seperti Esau, meremehkan kasih karunia Tuhan dan rela menukarkannya dengan kenikmatan yang ditawarkan dunia atau harta kekayaan.

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s