RENDAH HATI

Bacaan: 1 Samuel 15:17-35

Dalam  masa  Perjanjian  Lama,  perintah  atau firman Tuhan  disampaikan  langsung  melalui para  nabiNya.  Begitupun  pada  Saul  yang  saat itu  memegang  pemerintahan  tertinggi  atas  Israel sebagai raja pertama. Tapi masa kini, firman Tuhan dapat kita ketahui dari pembacaan Alkitab atau dari pemberitaan hamba-hamba Tuhan.

Dalam firman yang kita baca, Tuhan menyatakan ketidakberkenanNya   atas   Saul   dikarenakan   ia tidak  mau  menaati  firman  Tuhan.  Konsekuensi yang diterima Saul, Tuhan menyatakan bahwa Dia menolak Saul menjadi raja atas Israel. Karena itu pada 1 Samuel 16:14 dikatakan Tuhan mundur dari Saul. Ketidakhadiran Tuhan itu adalah kehadiran Iblis dan roh-roh jahat.

Firman-Nya menyatakan, “Jika engkau baik- baik mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan   dengan   setia   segala   perintah-Nya   … maka TUHAN, Allahmu, akan mengangkat engkau di atas segala bangsa di bumi. Segala berkat ini akan datang kepadamu dan menjadi bagianmu, jikaengkau mendengarkan suara     TUHAN, Allahmu” (Ulangan 28:1-2).  Tetapi  bila  kita sudah  mengetahui  firmanNya  tapi  tidak  mau melakukannya, firmanNya menyatakan, “Tetapi jika engkau tidak mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan tidak melakukan dengan setia segala perintah dan ketetapan-Nya … maka segala kutuk  ini akan datang kepadamu dan mencapai engkau,”(Ulangan 28:15).

Saat Tuhan berbicara kepada kita melalui firman  yang  kita  renungkan,  jangan  keraskan hati dan menolaknya. Bimbingan Allah melalui Alkitab akan bermanfaat bagi kita jika kita berani mempercayai firmanNya dan menaatinya. “Ia mengajarkan jalan-Nya kepada orang-orang yang rendah hati …” (Mazmur 25:9,10).

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s