KEMARIN, HARI INI, DAN BESOK

Bacaan: Matius 6:25-34

Sebuah   pepatah   mengatakan:  Kemarin   adalah sejarah, hari ini adalah anugerah, besok adalah misteri. Tidak ada seorang pun mengetahui akan hari esok atau masa depannya, oleh sebab itu kekhawatiran akan masa depan banyak dialami oleh orang­orang juga termasuk orang Kristen. Padahal Tuhan Yesus dengan jelas berkata dalam Matius 6:27, “Siapakah di  antara  kamu  yang  karena  kekuatirannya  dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya?”

Kita cenderung merenungkan kekhawatiran kita dengan membicarakannya, membahasnya berulang­ ulang, ditambah lagi kita sering menyesali, meratapi kesalahan kita di masa lampau. Akibatnya kita kehabisan waktu untuk berfokus dan memaksimalkan apa yang bisa dikerjakan untuk mengisi hari ini. Hasilnya: hari ini menjadi tidak produktif dan terbuang dalam penyesalan.

Yang artinya kita tidak menghabiskan waktu dengan  merenungkan  kesalahan  hari  kemarin dan dengan tidak mengkhawatirkan masa depan, maka hari ini pasti akan menjadi hari kemarin yang penuh kenangan yang menyenangkan dan seiring dengan berjalannya waktu, apa yang kita kerjakan secara maksimal pada hari ini akan menjadikan hari esok yang penuh harapan. 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s