PENJARA DALAM HIDUP KITA

Bacaan: Roma 6:15-23

Membayangkan suasana di dalam penjara, maka kita   akan   mendapatkan   gambaran   bahwa orang­orang tahanan di dalam penjara adalah orang terpidana yang hidupnya terbelenggu akibat dosa yang dibuatnya. Hidup mereka seolah­olah tanpa harapan karena kemerdekaannya dibatasi oleh jeruji penjara dan kehidupan mereka serba terbatas dalam batasan yang ditentukan oleh penguasa. Mereka berkerja keras untuk hasil yang tidak dinikmati oleh diri sendiri.

Pada kenyataannya, di dalam penjara terdapat banyak sekali kasus pelanggaran hak dasar manusia. Ketika kita sedang merasa takut dan khawatir akan hidup, ketahuilah bahwa secara tidak sadar kita sedang  membangun  sebuah  penjara  dalam  hidup kita dan sedang memenjarakan diri sendiri di dalam penjara tersebut. Kita sedang membatasi sendiri kemerdekaan kita, dan membatasi kuasa Tuhan yang telah memberikan kita karunia kehidupan. Kita bahkan merendahkan diri sendiri dan menanggalkan segala kelengkapannya.

Saat kita merasa khawatir dan takut, memang kita sedang membangun penjara, tetapi kita sendiri adalah pemegang kunci untuk mem­ buka pintu penjara tersebut. Sesungguhnya, kita paham betul seluk­beluk penjara buatan kita itu dan kita kenal betul jalan keluar dari penjara. Yang perlu kita lakukan hanyalah menggunakan kunci   itu   untuk   membuka   pintu   penjara dan pergi meninggalkannya. Firman Tuhan adalah kunci untuk Anda keluar dari penjara kekhawatiran dan ketakutan. Saat firman Tuhan menjadi rhema dalam hidup Anda, saat itulah pintu­pintu penjara akan terbuka lebar dan Anda telah dibebaskan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s