DOA YANG BERKUASA

Bacaan: Yohanes 15:1-8

Dalam Alkitab banyak diceritakan orang­orang yang memiliki kuasa dalam doa­doa mereka. Salah  satunya  adalah  Elia,  dia  berdoa  meminta kepada   Tuhan   untuk   nyawa   anak   perempuan seorang janda yang sudah meninggal dikembalikan dan Tuhan mengabulkannya (1 Raja-­raja 17:17­-24).

Elia juga berdoa agar Tuhan menyatakan diriNYA dihadapan umat Israel, doanya pun dijawab (1 Raja-­raja 18:36­-40).  Dalam  Yakobus   5:17 ditegaskan bahwa Elia adalah manusia biasa sama seperti kita.

Jadi kita pun bisa memiliki kuasa dalam doa-­doa kita dan menerima jawaban-­jawaban doa kita. Untuk  kita  bisa  mendapatkan  apa  saja  yang kita minta dari Tuhan, syarat pertama adalah kita tinggal di dalam Tuhan Yesus Kristus. Kata “tinggal” menggunakan kata Yunani “meno” yang salah satu artinya adalah bertahan di satu posisi. Artinya: kehidupan kita seluruhnya disalut oleh pribadi Tuhan. Seluruh  kehendak  pribadi  kita  harus  dimatikan dan ditaklukkan untuk Kristus. Tuhan Yesus harus menjadi teladan di segala aspek kehidupan kita dan hidup kita mencerminkan sifat­sifat Kristus.

Ada pun syarat berikutnya: firmanNya tinggal di dalam kita. Firman Tuhan itu berisi perintah, ajaran dan juga teguran (Amsal 6:23). Perintah bisa menjadi pelita yang akan menerangi jalan­ jalan kita saat melangkah. Ajaran itu seperti cahaya yang  akan  memampukan  kita  untuk  melihat dan mengerti hal­hal yang masih terselubung atau terbatas menurut dunia. Teguran­teguran yang ada dalam firman Tuhan adalah teguran yang mendidik yang akan membawa ke jalan kehidupan yang dikehendaki Tuhan. Jadi pola hidup dan pola berpikir kita harus berdasarkan firman Tuhan.

Untuk memiliki doa yang berkuasa, kita harus menyatu dengan Tuhan. Selalu memelihara hubungan yang intim dengan Tuhan melalui saat teduh dan doa yang konsisten. Selalu bergantung pada Tuhan dan firmanNYA.

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s