KEPUTUSAN YANG MENDATANGKAN ANUGERAH

Bacaan: Daniel 1:1-21

Daniel  dan  teman­temannya  bertekad  menaati hukum Taurat. Mereka menolak makanan yang disajikan di meja raja karena mungkin makanan itu tidak  dipersiapkan  sesuai  ketentuan  Taurat,  atau mungkin  makanan  itu  ada  juga  yang  berasal  dari meja persembahan bagi dewa­dewa Babel. Mereka berketetapan  tidak  menajiskan  dirinya  dan  tidak akan mengorbankan pendiriannya sekalipun berarti kematiannya.  Perhatikan  bahwa  mereka  tidak  lagi memiliki orangtua yang dapat membimbing dalam mengambil keputusan, tapi kasihnya kepada Allah dan hukumNya telah begitu tertanam di dalam hati mereka.

Daniel bersama teman­temannya mendapat anugerah sepuluh kali lebih cerdas daripada semua orang berilmu, dikarenakan mereka berani menaati segala perintah Tuhan. Mereka pun dianugerahi kebijaksanaan karena berani melakukan setiap firman yang telah mereka ketahui.

Tanpa   ketaatan   kepada   Firman   Tuhan, kita  tidak  akan  pernah  mengalami  perubahan dalam hidup. Orang yang hanya sekadar tahu, tetapi tidak taat kepada Firman Tuhan disebut oleh Yesus sebagai orang bodoh (Matius 7:26).

Sedangkan orang yang taat disebut sebagai orang yang bijaksana. Tidak ada satu pun di antara kita yang  mau  dipanggil  bodoh,  tapi  akan  senang dipanggil sebagai orang bijak.

Mengetahui firman Tuhan dalam kehidupan kita adalah anugerah. Melakukan dan menaati Firman Tuhan akan mendatangkan anugerah­ anugerah yang lain. Kita akan menjadi orang yang bijaksana, penuh dengan hikmat, bahkan memiliki kualitas karakter yang berbeda dengan orang­orang dunia. Terlebih dari itu kita menye­ nangkan hati Tuhan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s