RENCANA YANG SEMPURNA

Bacaan: Yosua 21:43-45

Yusuf, seorang anak dari Yakub yang masih sangat belia  ketika  dia  menerima  pewahyuaan  bahwa dia akan menjadi orang sangat penting dan disembah oleh  orangtua  dan  saudara  saudaranya.  Dengan iman Yusuf mempercayai pewahyuan tersebut dan selanjutnya hidup Yusuf diarahkan dalam perkenanan Tuhan untuk berjalan menuju penggenapan apa yang sudah  diwahyukan  melalui  mimpi.  Walau  begitu, banyak proses yang harus Yusuf alami sebelum dia menggenapi semua rencana Tuhan atas hidupnya. Di awal prosesnya, Yusuf harus terpisah dari keluarganya untuk  masuk  menuju  tanah  Mesir.  Dan  untuk menjadi orang penting yang dihormati, maka Yusuf harus berada didalam sebuah kerajaan. Kemudian, Yusuf harus masuk istana raja.

Pada waktu Yusuf difitnah oleh istri Potifar, dia dimasukkan ke dalam penjara kerajaan yang berada di istana raja. Dan melalui misteri mimpi Firaun yang tidak terpecahkan, maka dengan hikmat akal budi dari Tuhan, Yusuf mampu mengalahkan pengetahuan cendekiawan dan ahli nujum Mesir, sehingga melalui mimpi raja yang mampu dipecahkannya, Yusuf menerima apa yang diwahyukan Tuhan.

Seperti  apa  yang Tuhan  telah  rencanakan kepada Yusuf di alam Roh jauh sebelum rencana itu digenapi, demikian juga kepada setiap dari kita. Tuhan memiliki perencanaan di alam Roh.

Seperti apa yang sudah Tuhan genapi pada diri Yusuf, maka Tuhan yang sama juga pasti akan mengenapi  rencanaNya  pada  setiap  dari  kita dengan rapi dan sempurna. Tidak satupun rencana baik Tuhan dalam kehidupan kita masing­masing yang lalai untuk digenapiNya.

Apa yang terjadi di alam roh pasti akan terjadi di alam nyata. Dan apa yang telah terjadi di alam Roh akan hanya dapat dimengerti oleh hadirnya Roh Tuhan dalam kehidupan umat manusia. Roh Tuhan tersebut dapat dipahami oleh manusia hanya melalui iman sebab iman dibangun oleh Firman Tuhan yang adalah pribadi Tuhan sendiri dan ketika iman bersekutu dengan Roh Tuhan maka kita akan mampu mencairkan apa yang telah terjadi di alam Roh untuk terjadi di alam nyata.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s