HADIRAT TUHAN

Bacaan: Keluaran 13:17-22

Menarik sekali untuk merenungkan bagaimana cara  Tuhan  menuntun  bangsa  Israel  keluar dari tanah Mesir menuju Tanah Perjanjian. Mari kita telusuri  perjalanan  bangsa  Israel  sampai  di Tanah Perjanjian:  Jalur yang ditempuh bangsa Israel menujuTanah Perjanjian belum pernah dikenal oleh mereka. Jalur itu didiami oleh banyak sekali bangsa-bangsa yang belum beradab, kuat, dan tangguh. Maka Tuhan sebagai tour guide, di awal mula perjalanan, sengaja mengambil jalur yang panjang untuk menghindarkan mereka dari bangsa-bangsa tersebut, supaya bangsa Israel  tidak  menghadapi  konflik sehingga  menjadi tawar hati untuk kembali ke Mesir dan menggagalkan rencana Tuhan.

Mentalitas bekas bangsa budak, Tuhan hapuskan dengan proses pendidikan, pendisiplinan, pembentukan di dalam perjalanan panjang. Tuhan sendiri yang menuntun mereka melalui kehadiran tiang api waktu malam dan tiang awan waktu siang. Hadirat Tuhan berjalan di depan untuk menuntun dan   Tuhan   sengaja   menetapkan   jarak   antara hadiratNya  (yang  berupa  tiang  api  dan  tiang awan)  dengan  bangsa  Israel,  agar  tidak  boleh terlalu jauh atau pun terlalu dekat. Irama dan ritme perjalanan mereka harus konstan supaya bangsa ini tidak terlalu lamban yang berisiko jauh dari hadirat Tuhan dan menjadi tertinggal, atau mereka berjalan terlalu cepat sehingga bangsa ini melenceng dari hadirat Tuhan.

Di sini, kita dapat melihat bahwa jika kita tinggal dalam hadirat Tuhan maka terdapat perlindungan, pemeliharaan dan kecukupan. Namun di dalam tuntunan Tuhan, kita harus berjalan dalam irama dan ritme yang konstan supaya kita tidak mendahului Tuhan atau terlalu lamban sehingga kita melenceng dari jalanNya.

Ketika kita keluar dari hadirat Tuhan, hal ini sama dengan pemberontakan terhadap tuntunan Tuhan. Setiap pemberontakan terhadap tuntunan Tuhan akan berakibat dosa yang mendatangkan kecelakaan dan kebinasaan.

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s