SUKACITA DAN DAMAI

Bacaan: Yohanes 14:25-27

Sukacita  sebuah  kata  yang  biasanya  dipadukan dengan kata damai sejahtera. Kedua kata ini ketika dipadukan akan membentuk sebuah kalimat sukacita dan damai sejahtera yang hanya akan memberikan makna dan manfaat apabila dipadukan dengan iman. Ketika dipadukan dengan iman maka sukacita dan damai sejahtera itu akan menjadi keadaan/suasana hati yang penuh sukacita dan damai sejahtera yang tidak tergantung oleh situasi.

Di mana pun juga, dalam kondisi apa pun juga, damai sejahtera dan sukacita itu tetap bahkan dia bertambah besar, karena di saat kita lemah Tuhan berjanji  untuk  menyertai  kita  lebih  lagi,  seperti dalam Firman Tuhan pada 2 Korintus 12:9, “Dalam kelemahanmulah kuasa Tuhan menjadi sempurna.” Lalu pertanyaannya adalah kita harus bagaimana untuk memperoleh damai sejahtera itu?

Firman Tuhan  berkata  dalam  Yohanes  14:25-27, “Semuanya itu Kukatakan kepadamu, selagi Aku berada bersama-sama dengan kamu; tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu semua yang telah Kukatakan kepadamu. Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahteraKu Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.”

Jadi  jelaslah  bahwa  damai  sejahtera  itu tidak dapat dibeli, juga tidak dapat diperoleh dengan latihan khusus. Untuk mendapatkan damai sejahtera, kita perlu memiliki Roh Kudus yang diperoleh sebagai karunia karena kita percaya dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat. Tanpa Roh Kudus, kita mungkin bisa bersukacita namun tanpa damai sejahtera. Sukacita tanpa damai sejahtera akan semu dan dapat hilang. Dengan Roh Kudus, ketika kita akan memutuskan suatu keputusan yang penting maka Dia akan memberikan damai sejahtera sebagai konfirmasi. Dan segala sesuatu yang diputuskan dengan konfirmasi Roh Kudus akan membawa keberhasilan yang mendatangkan sukacita sepenuhnya

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s