BAPA YANG MENGASIHI

Bacaan: Lukas 15:11-32

Di  waktu  kecil,  ketika  saya  tahu  bahwa  saya berjalan bersama papa saya, saya tidak pernah takut sebab saya percaya kepada papa saya bahwa dia akan dan sanggup melindungi saya. Selain itu, di waktu kecil saya juga tidak pernah khawatir akan persoalan hidup saya, sebab saya tahu bahwa papa dan mama saya sanggup dan akan selalu menyelesaikannya untuk saya. Tetapi ketika saya menginjak usia dewasa dan mulai menjadi orangtua bagi kedua anak saya, persoalan hidup terasa menjadi lebih besar dan lebih rumit. Terlalu banyak hal yang harus saya pikirkan dan selesaikan, dan banyak persoalan yang berada di luar kendali saya.

Sebagai   orang   percaya,   walaupun   usia   kita sudah  dewasa,  namun  kita  tetap  perlu  memiliki figur seorang Bapa yang sanggup menjamin dan memelihara kehidupan kita. Selain itu kita juga harus bersikap seperti seorang anak yang memiliki pola pikir sederhana, yang hanya percaya bahwa Bapa kita di surga adalah Bapa yang sanggup menjamin dan memelihara kehidupan kita. Dalam keadaan apa pun, berusahalah dengan giat untuk tetap tinggal dalam hadirat Tuhan dan menghadirkan hadirat Tuhan. Dengan tinggal di dalam hadiratNya, Tuhan yang akan menentukan jalan mana yang harus kita ambil, Dia juga yang akan memberikan hikmat bijakasana untuk menyelesaikan perkara- perkara sulit dalam hidup kita.

Namun jikalau kita keluar dari hadirat Tuhan maka kuasa pemeliharaan dan perlindungan Tuhan akan pudar seiring dengan langkah kita menjauh dari Tuhan. Kita akan mengalami peristiwa seperti anak terhilang yang serta merta habis segala yang dimilikinya dan jatuh miskin segala-galanya pada saat dia keluar dari rumah bapanya.

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s