JANGAN MENURUTI HAWA NAFSU

Bacaan: Yosua5:1-12

Terbelahnya sungai Yordan dan runtuhnya tembok Yerikho  adalah  sebuah  mukjizat  besar  yang membuktikan campur tangan dan pembelaan Tuhan atas bangsa Israel. Namun peristiwa besar itu hanya sebuah hasil yang terjadi setelah bangsa Israel sepakat melalui sebuah komitmen pemisahan/pengudusan dari kehidupan yang lama kepada kehidupan yang baru  yang  dilambangkan  dengan  penyunatan  di Gilgal.  Penyunatan  adalah  sebuah  prosesi  jasmani yang melambangkan keseriusan untuk hidup kudus tetapi memiliki dampak sangat besar.

Pada waktu itu, generasi yang dipimpin oleh Yosua   adalah   generasi   kedua   Israel   yang   lahir di padang gurun dan belum mengalami proses pengkudusan,   sementara   generasi   yang   pertama yang telah mengalami penyunatan semuanya sudah meninggal. Yosua, abdi Tuhan dan panglima Israel, memerintahkan sebuah proses pengudusan diri dengan  lambang  penyunatan  kepada  semua  laki- laki, supaya dengan demikian segala kaum di Israel memiliki komitmen untuk hidup berkenan kepada Tuhan sesuai dengan hukum dan ketetapan Tuhan, dan oleh komitmen ini bangsa Israel dapat hidup kudus.

Komitmen untuk hidup kudus ditandai dengan memisahkan diri dari kehidupan yang lama untuk menerima Roh Tuhan yang baru. Inilah yang mengundang campur tangan Tuhan dan bangsa Israel mengalami pembelaan Tuhan yang amat dahsyat.

Sebagai murid Yesus, kita juga harus mempunyai komitmen untuk hidup kudus. Hidup kudus dengan menjaga hati, pikiran, perkataan, tubuh dan jiwa untuk tidak tercemar dari hal-hal yang buruk. Petrus memperingatkan kita dalam suratnya di 1 Petrus 1:14-15, “Hiduplah sebagai anak-anak yang taat dan jangan turuti hawa nafsu yang menguasai kamu pada waktu kebodohanmu, tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu,” Jika kita menaatinya, maka Tuhan akan mengerjakan perkara ajaib dalam kehidupan Anda untuk memenuhi apa saja yang Anda butuhkan.

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s