TUHAN YANG SIAPKAN JALAN KELUARNYA

Bacaan: Keluaran 14:1-14

Pada  saat  bangsa  Israel  baru  saja  keluar  dari perbudakan  di  Mesir  dan  menikmati  sedikit kebahagiaan,  mereka  harus  kembali  dikejar-kejar ketakutan oleh karena kekerasan hati Firaun, yang mengejar bangsa Israel dengan pasukan lengkap. Saat itu, perjalanan maju bangsa Israel dihadang oleh Laut Merah di depan dan kejaran pasukan lengkap Firaun di belakang. Kenyataan itu membuat bangsa Israel menjadi  panik  dan  gusar.  Mereka  sedang  terjepit oleh dua keadaan yang sama-sama memiliki risiko fatal. Saat itu Tuhan kita yang tidak pernah terlambat berkata, “TUHAN akan berperang untuk kamu, dan kamu akan diam saja.” (Keluaran 14:14)

Perkataan Firman Tuhan akan memiliki kuasa apabila  kita  mau  menerimanya  dengan  iman  dan taat melakukannya. Tetapi Firman Tuhan tidak ada kuasanya, apabila kita tidak percaya atau pun ragu terhadap kuasanya. Musa sebagai pemimpin Israel pada waktu itu mengenal benar Tuhan yang berfirman sebagai Tuhan yang menolong dan penuh dengan kuasa. Sebab itu Musa dengan setia melakukan firman Tuhan tersebut dengan sebuah langkah iman, memukulkan tongkat di atas Laut Merah dan terbelahlah Laut Merah.

Hari ini, mungkin Anda sedang terjepit permasalahan  dari  depan  dan  dari  belakang, tidak ada jalan keluar, semuanya buntu. Namun di tengah kepanikan, Tuhan dengan lembut berkata, “TUHAN akan berperang untuk kamu, dan kamu akan diam saja.”

Adakah kita memiliki hati seperti Musa yang mengenal dengan benar Tuhan yang selalu ada di setiap keadaan? Jika kita bersikap seperti Musa, maka jalan buntu bisa saja terjadi tapi Tuhan akan siapkan jalan keluar.

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s