IRI HATI

Bacaan: Yakobus 3:14-18

Iri hati adalah sebuah keadaan hati yang gelisah, karena   sesuatu yang kita harapkan  tidak terjadi  seperti  apa  yang  diharapkan.  Keadaan  itu mengakibatkan kita mulai mengalihkan fokus iman dan melihat kepada orang lain yang lebih sukses. Pada saat itu iman kita menjadi kosong, kering, dan dengan secepat kilat iblis mulai masuk dengan menularkan dosa iri hati. Manusia yang sudah terbelenggu dengan dosa iri hati dapat melakukan tindakan nekad dan berbuat  apa  saja  untuk  melampiaskan  iri  hatinya. Dan  apabila  perasaan  iri  hati  tidak  terlampiaskan dapat  menyebabkan  sakit  hati  dan  benci  yang berkepanjangan.

Sebuah kehidupan yang berada dalam dakwaan iblis dapat menjadikan kehidupan manusia yang terbelenggu olehnya menjadi kehilangan damai sejahtera dan sukacita. Keadaan terbelenggu seperti ini dapat membuat perilaku manusia menjadi sangat ekstrem dan agresif. Manusia yang termakan oleh dosa iri hati akan mengusahakan segala upaya agar orang yang diincarnya jatuh dan menderita. Dia akan tersenyum saat orang yang dibencinya jatuh dan  menderita.  Sementara  ekstrem  yang  lain dapat menjadikan dan mengubah diri manusia menjadi rendah diri, selalu menaruh curiga, anti sosial, mengutuki diri, menyalahkan dan  menghujat  Tuhan,  bahkan menjadikan dirinya sebagai manusia apatis.

Pada saat Anda mengalami persoalan, jangan lengah dengan membiarkan iblis mengambil kesempatan dengan menebar dosa iri hati. Lebih baik Anda fokus kepada Tuhan, sebab Dia sanggup menolong dan mengubah persoalan Anda menjadi kesempatan untuk mempermuliakan Anda.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s