INPUT DAN OUTPUT

Bacaan: Amsal 4:20-24

Diri manusia dapat menerima input dari berbagai macam-macam sumber yang bisa berasal dari mata, pikiran, dan hati. Tetapi manusia hanya memiliki  satu saluran  output  yaitu  mulut.  Sebab itu  terkadang  orang  yang  panik  dalam  pikiran, maka jiwanya menjadi kalut, hatinya khawatir dan menjadi lepas kendali, berkata-kata tanpa arah, kasar, memaki. Apabila hati manusia sudah penuh dengan tipu muslihat dan tamak, maka apa yang ada dalam hati dapat keluar melalui mulut, menjadi perkataan yang manis tapi penuh dengan tipu muslihat dan kebohongan  yang  bertujuan  untuk  mencelakakan orang lain dan mengambil keuntungan untuk diri sendiri.

Sesungguhnya Tuhan itu adalah Firman dan Firman itu adalah kata-kata Tuhan sendiri. Maka ketika manusia diciptakan dalam rupa dan gambar Tuhan, sejak itulah Roh Tuhan di dalam diri manusia bekerja  sepenuhnya.  Dan  ketika  manusia  berkata-kata maka di dalam setiap perkataannya terdapat kuasa dan otoritas dari Tuhan. Namun, kuasa itu sempat direbut oleh iblis dan kemudian oleh tipu   dayanya,   iblis   mengubahkan   perkataan manusia menjadi perkataan jahat, dusta untuk mendukakan hati Tuhan.

Tetapi bagi orang yang percaya, sesungguh- nya darah Yesus sudah menebus kita, sehingga kita dipulihkan dan dibenarkan sehingga kuasa dalam perkataan tersebut dipulihkan. Oleh sebab itu hendaklah kita berhati-hati dalam perkataan. Tuhan telah memberikan karunia pikiran Kristus supaya hati kita menjadi kudus dan jiwa kita tenang. Dengan demikian setiap input yang masuk melalui pikiran, hati dan jiwa dapat disaring supaya menghasikan perkataan yang memuji Tuhan dan memuliakanNya.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s