SURAT KASIH

Bacaan: Mazmur 119:159-168

Ketika membaca sebuah surat atau e-mail dari seseorang yang kita kasihi dan rindukan, kita akan  membacanya  dengan  saksama.  Kita  dapat tersenyum,  tertawa,  bahkan  terharu  ketika  sedang membacanya.  Namun  sangat  berbeda  ketika  kita membaca sebuah surat dari orang yang tidak kita kenal, kita akan cenderung mengabaikannya bahkan mungkin sama sekali tidak mengindahkannya apalagi membukanya.

Demikian juga saat kita membaca firman Tuhan. Kalau kita hanya membaca untuk menunjukkan bahwa kita adalah orang Kristen yang taat atau karena kebetulan kita adalah seorang aktivis, pengerja yang dituntut untuk membaca Alkitab, maka sudah tentu kita tidak akan mendapatkan apa-apa dari yang kita baca. Apa yang kita baca hanyalah sebuah deretan kata-kata yang tidak punya makna apalagi kuasa.

Tetapi  apabila  kita  membaca  surat  kasih Tuhan   dengan   kerinduan   untuk   bersekutu dengan Tuhan,   mendengarkan   firmanNya, merenungkanNya dalam hati dan melakukanNya dalam perbuatan kita, maka firman Tuhan yang tercatat dalam Alkitab akan memiliki kuasa pada saat diperkatakan. Firman itu akan memberikan penghiburan saat kita dalam kesesakan, memberikan tuntunan saat kita tidak tahu ke mana kita harus melangkah, memberikan kekuatan saat kita lemah, memberikan jalan keluar saat tiada jalan, memberikan pertolongan saat kita berseru, dan mewahyukan apa yang akan Tuhan kerjakan di  masa  depan  supaya  kita  dapat  mengambil langkah persiapan. Dia akan memberikan kita kemampuan  untuk  membedakan  dan  hikmat untuk mengubahkan krisis menjadi kesempatan.

 

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s