SALIB EMAS

Bacaan: Markus 8:31-9:1

Seorang  pemuda  melakukan  perjalanan  menuju tempat yang dijanjikan. Selama perjalanan itu dia diharuskan memikul sebatang kayu. Jauhnya tempat yang harus ditempuhnya membuat pemuda ini letih dan mengambil waktu beristirahat. Saat beristirahat dia  berjumpa  dengan  seorang  penebang  kayu,  si pemuda meminjam kapak darinya dan memakainya untuk memotong   kayu    yang    dipikulnya       agar meringankan bebannya. Kemudian ia melanjutkan perjalanannya.  Tempat  yang  dituju  sudah  terlihat dihadapannya, tetapi ada jurang yang memisahkan antara si pemuda dengan tempat tujuannya itu. Dia meletakkan  kayu  dari  pundaknya  dan  diletakkan untuk   dijadikan   jembatan.   Tapi   ternyata   kayu itu  kurang  panjang  sebanyak  bagian  yang  sudah dipotongnya. Pemuda ini hanya bisa menyesali apa yang sudah dilakukannya.

Mengapa kita harus memikul salib? Kita harus memikul salib karena tidak ada mahkota tanpa salib! Memikul salib Kristus berarti bersama dengan Yesus untuk menerima hinaan, malu, cercaan, makian, kekejian, ludah, kesakitan, dan bahkan kematian. Memikul salib pada zaman ini semakin berat. Manusia pada zaman ini tak sanggup lagi menderita dan menerima rasa sakit. Tapi bila kita mengubah cara pandang tentang salib Kristus yang penuh dengan penderitaan, diganti dengan salib Kristus yang membawa keuntungan, kita pasti akan mampu.

Sama halnya dengan salib Kristus yang menghidupkan  bagi  mereka  yang  mati,  salib itu melegakan bagi mereka yang dahaga, menguduskan bagi mereka yang berdosa. Harga salib Kristus lebih berharga dari apapun juga. Kalau kita memahami demikian, maka kita tidak akan segan untuk memikulnya.

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s