MENJADI MURID YESUS

Bacaan: Lukas 9:22-27

Jalan salib adalah peristiwa di mana Tuhan Yesus mengalami sengsara yang teramat sulit. Dengan tubuh yang hancur setelah dicambuk, Yesus harus memikul salibNya sendiri dengan berjalan menuju bukit Golgota. Sementara salib adalah tempat penggenapan kasih Tuhan kepada manusia di mana Yesus, Anak Allah itu menyerahkan nyawaNya supaya kita yang harusnya binasa bisa ditebus dan dibenarkan oleh darah Yesus.

Jauh hari sebelum peristiwa tersebut Yesus pernah berkata, “Barangsiapa yang ingin mengikut Aku haruslah dia menyangkal diri dan memikul salib.” Jadi, dengan jelas Tuhan Yesus mengatakan bahwa untuk menjadi pengikut Kristus ada dua hal yang harus Anda lakukan (Lukas 9:23):

  1. Menyangkal diri. Alkitab mencatat ketika dosa masuk  ke  dunia  melalui  Adam  maka  segala yang jahat (iri hati, cemburu, dengki, dendam, keserakahan, dll) dengan sendirinya muncul dari hati tanpa perlu diajarkan. Pada waktu kita memiliki komitmen untuk menjadi pengikut Yesus, maka kita harus menyangkal diri kita yang lama dan memakukan segala yang jahat di kayu salib supaya kita mendapatkan hati yang baru penuh dengan Roh Kudus.
  2. Memikul salib. Ketika kita telah menyangkal diri dan menerima hati yang baru, maka kita akan melihat bahwa salib adalah lambang kasih Tuhan terbesar yang menanggung segala sengsara manusia, bahkan menebus manusia dari hal yang paling ditakutkan yaitu kematian. Dengan memikul salib maka kita akan sadar bahwa kasih Tuhan beserta kita sepanjang masa dalam setiap perjalanan hidup kita dan bersama kasih Tuhan kita akan mendapatkan kekuatan untuk menjadi murid Kritus, yang berhak mewariskan kerajaan surga dan segala kemegahannya.

 

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s