TANAH HATI

Bacaan: Lukas 8:4-15

Semua orang percaya akan setuju dengan kebenaran firman Tuhan yang berkata bahwa Yesus itu adalah jalan,  kebenaran,  dan  kehidupan  (Yohanes  14:6). Supaya firman itu dapat menjadi kebenaran dan jalan, maka terlebih dahulu firman itu harus menjadi hidup agar dapat memberikan aliran sungai kehidupan yang tidak pernah kering.

Memang firman Tuhan itu, ketika ia difirman- kan, tidak akan pernah kembali dengan sia-sia dan bersifat kekal, “Demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya” (Yesaya 55:11). Hanya saja supaya firman itu hidup dalam kehidupan kita maka terlebih dahulu firman itu harus tertanam dalam tanah hati kita. Dan supaya firman itu dikatakan hidup, maka Ia harus bertumbuh dan berbuah.

Di dalam sebuah proses pertumbuhan, ber- tumbuhnya firman Tuhan bergantung kepada tanah hati kita. Apabila tanah hati kita keras dan kering, maka firman yang ditaburkan tidaklah mati tetapi dia akan pergi meninggalkan hati yang keras sebab Tuhan adalah Tuhan yang sopan dan menghargai pilihan dan keputusan pribadi. Namun ketahuilah, ketika Tuhan meninggalkan tanah hati yang keras, maka secepat itu pulalah iman akan menjadi kering dan mati sehingga manusia akan hidup tanpa tujuan, melangkah dalam kegelapan, hidup dalam dosa yang mem- belenggu yang mendatangkan kutuk dan maut.

Dalam kehidupan sekarang ini, kita perlu firman Tuhan yang menjadi jalan, kebenaran, hidup untuk menuntun kita di dalam jalan kebenaran, supaya kita memperoleh sebuah kehidupan penuh kasih karunia Tuhan yang bagaikan aliran sungai kehidupan yang tidak pernah kering.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s