MERUNTUHKAN BENTENG PIKIRAN

Bacaan: 2 Korintus 10:3-6

Apa yang dipikirkan ketika Anda hendak tidur dan terus Anda pikirkan sampai Anda tertidur, maka  hal  yang  sama  akan  tetap  Anda  pikirkan sewaktu bangun dari tidur, bahkan mungkin akan tambah  rumit.  Kenyataan  ini  berbicara  tentang pentingnya arti sebuah doa sebagai salah satu cara untuk pelepasan dari pikiran yang jelek dan tidak perlu. Untuk selanjutnya mempercayakan persoalan yang kita pikirkan kepada Tuhan yang kepadaNya kita berserah dan menyembah.

Kenyataan tidaklah mudah untuk mau mem- percayakan persoalan yang kita pikirkan kepada Tuhan, sebab seringkali kedagingan menghalangi kita untuk berserah. Didalam kedagingan manusia terdapat segala benih keangkuhan yang dapat membuat manusia menjadi tinggi hati dan tidak mudah percaya kepada Tuhan, bahkan mulai mempertanyakan tentang kemampuan Tuhan. Pada sikap yang angkuh dan tinggi hati, manusia akan cenderung memiliki hati   yang   membatu   dan   tidak   mudah   percaya kepada  Tuhan,  akibatnya,  manusia  mulai  hilang kepekaan terhadap suara Tuhan. Manusia hanya akan percaya dengan apa yang disebut pikiran.

Namun, ketika pikiran menjadi semakin sering dipikirkan,maka   akan    membuat manusia yang  mengandalkan  pikiran  menjadi  terbelit pikirannya sendiri sebab didalam pikiran yang terbelit,  manusia  cenderung  mengkhawatirkan sesuatu yang tidak pernah terjadi dan cenderung membesar-besarkan persoalan sehingga jiwa dan rohnya menjadi kering dan akhirnya mati.

Pada   saat   jiwa   seseorang   sudah   mati maka orang tersebut sudah kehilangan sebuah kehidupan sesungguhnya yang menyebabkan manusia   memiliki   seribu   kepribadiaan   dan hidup dalam dosa dan kepura-puraan. Sebab itu supaya Anda tidak terbelit pikiran, dengarkanlah firman Tuhan dan terimalah damai sejahtera dan sukacita yang dari Tuhan yang akan mengerjakan perkara-perkara ajaib melebihi pikiran dan hikmat manusia yang paling berhikmat.

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s