PENGHARAPAN IMAN

Bacaan: Mazmur 55:17-20

Masa ujian adalah masa sulit bagi setiap orang yang sedang belajar, sebab mereka akan belajar lebih ekstra dalam jangka waktu yang lebih lama dari biasanya.  Dalam  masa-masa  itu,  mungkin  mereka menjadi tegang karena stress akibat tekanan pelajaran dan tekanan dari pihak-pihak lain agar nilainya baik. Tetapi apabila ada reward yang dijanjikan dalam setiap ujian mereka, maka mereka akan memiliki semangat yang tinggi bahkan daya tahan yang tinggi terhadap tekanan.

Setiap pencobaan akan memiliki masa dan tidak mungkin ada pencobaan dan persoalan yang bersifat kekal. Seperti kata firman Tuhan Mazmur 55:23, “Serahkanlah kuatirmu kepada TUHAN, maka Ia akan memelihara engkau! Tidak untuk selama-lamanya dibiarkan-Nya orang benar itu goyah.” Di sinilah terletak  perbedaannya  yang  hakiki  dari  sikap  dan cara pandang seseorang terhadap sebuah ujian atau persoalan. Apabila seseorang yang sedang menantikan breakthrogh (terobosan) tidak memiliki sebuah janji yang dapat diharapkannya, maka seseorang itu  akan  menjadi  putus  pengharapan.  Tetapi apabila seseorang yang sedang menanti-natikan sebuah breakthrough memiliki janji yang atasNya dia  meletakkan  pengharapan,  maka  seseorang itu   memiliki   kekuatan   untuk   menanggung proses tersebut dengan setia dan kekuatan untuk menjadi pelaku yang melakukan breakthrough.

Inilah yang dimaksudkan oleh Rasul Paulus dalam 2 Korintus 4:8, “Dalam segala hal kami tertindas, namun kami tidak terjepit, kami habis akal, namun tidak putus asa, kami dianiaya, namun  tidak  ditinggalkan,  kami  dihempas namun tidak binasa.” Rasul Paulus mengerti bahwa penderitaan yang ada, tidaklah sebanding dengan   kemuliaan   (janji-janji)   Tuhan   yang akan dinyatakan dan digenapi dalam diri orang percaya.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s