SIKAP TERHADAP ORANG LAIN

“Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi. ”— Mat 7:12

Dalam terjemahan NASB dikatakan: ’for this is the law and the prophets (karena inilahhukum Taurat dan kitab nabi).Jadi pernyataan ini berbeda dengan hukum terutama, yang terdapat di Mat. 22:37-39. Di teks tersebut, Yesus mengajarkan bahwa hukum yang terutama adalah mengasihi Tuhan dan sesama manusia sama seperti mengasihi diri sendiri.

Hukum terutama memang merupakan inti dari seluruh Perjanjian Lama, sedangkan Mat. 7:12a ini hanya membahas tentang kasih kepada manusia saja. Karena itu tidak digunakan kata ’seluruh’ dalam 7:12b.

Tuhan Yesus mengajarkan prinsip keadilan dalam ayat 12 ini yaitu memperlakukan sesama seperti saudara ingin diperlakukan. Itu artinya berusaha memberi semua orang hak dan peluang seperti yang anda punyai. Keadilan harus dimulai dari diri sendiri, jangan menunggu orang lain, jangan menuntut orang lain untuk memulai. Mulailah lebih dulu! Misalnya, jika anda mau diterima orang lain, maka terimalah lebih dulu orang lain apa adanya. Pro aktif! Tuntut dirimu lebih dulu untuk aktif mengasihi orang lain.

Pertanyaannya: Sudahkah saya menjadi anak yang baik untuk orang tua saya? Teman yang baik untuk teman saya? Jika anda menabur kebaikan lebih dulu, maka secara alamiah pastilah anda akan menuai kebaikan juga. Sebaliknya kalo anda memilih untuk egois, mau menang sendiri, maka akibatnya anda akan dijauhi oleh banyak orang. Apa yang anda tabur, itulah yang akan anda tuai. Anda harus memilih dalam hubungan dengan sesama? Mau adil atau egois? Setiap keputusan memiliki konsekuensi. Pilihlah kebenaran.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s