180 DERAJAT

Bacaan: Kejadian 37:1-11; 41:37-45

Kita  semua  setuju  bahwa  dalam  hidup  setiap orang  pasti  akan  ada  kesempatan  yang  dapat dimanfaatkan  untuk  mengubah  keadaan  menjadi 180  derajat. Setiap orang yang sukses hidupnya pasti pernah mengalami kesempatan yang mengubahkan situasi seseorang tersebut.

Pertanyaanya adalah bagaimanakah kita dapat mengenali kesempatan yang dapat mengubahkan keadaan kita? Seorang tokoh Perjanjian Lama bernama Yusuf, menceritakan bagaimana dia mendapat mimpi yang adalah visi dari Tuhan, bahwa dia akan menjadi pemimpin besar.

Visi tersebut ditangkapnya dengan baik karena kepadanya telah diberikan karunia hikmat untuk mengartikan visi dan mimpi. Hanya saja pada awalnya keadaan yang terjadi malah terbalik dengan visi tersebut. Pada saat itu Yusuf dijual sebagai budak, dia harus mengalami fitnah sampai akhirnya harus masuk ke dalam penjara. Bagi kita mungkin visi tersebut serasa mati, namun inilah yang membedakan Yusuf dengan yang lain. Yusuf yang memiliki karunia pemahaman akan visi tidak mati pengharapan. Dia mengenali benar visi dari Tuhan yang hidup dan yang tidak akan pernah salah. Untuk itu dia tetap bertekun terhadap visi Allah, pengharapannya kepada Tuhan tidak pernah mati, bahkan ia semakin mengandalkan Tuhan dalam hidupnya.

Tiga belas tahun kemudian, Tuhan mengubah keadaan Yusuf melalui sebuah mimpi yang rumit yang diberikan kepada seorang raja Mesir yang hanya bisa diartikan oleh seorang yang memiliki karunia khusus, sehingga Firaun pada akhirnya mengakui dalam Kejadian 41:38, “Mungkinkah kita mendapat orang seperti ini, seorang yang penuh dengan Roh Allah?”

Semua  kita  memiliki  kesempatan,  hanya saja terkadang kesempatan besar itu datang berselimutkan kesempitan. Jadilah seperti Yusuf yang tidak pernah mati pada pengharapannya, tetap memandang bahwa visi yang telah Allah beri tidak pernah salah. Dan yang terpenting adalah tetap mengandalkan Tuhan dalam hidup kita. Dengan begitu, tidaklah mustahil kehidupan Anda akan diubah 180 derajat oleh Tuhan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s