Belajar mendengar suara Tuhan

Bacaan: 1 Samuel 3:1-10; 3:19-20

Banyak  orang  percaya  berkata  bahwa  mereka mendengar suara Tuhan setiap hari. Bagaimana dengan  kita,  apakah  kita  juga  mengalami  seperti kebanyakan  orang  percaya  tersebut?  Atau  bahkan kita  adalah  salah  satu  orang  percaya  yang  sering bertanya-tanya bagaimana bisa mendengarkan suara Tuhan? Ada orang yang haus mencari petunjuk dan tidak segan-segan mengeluarkan uang banyak untuk pergi ke mana saja dan membeli apa saja untuk dapat mendengar  suara  Tuhan.  Tetapi  semakin  mereka mencari,   semakin   mereka   kecewa   karena   tidak mendapatkan, karena hanya orang yang intim dengan Tuhan  yang  dapat  mendengar  suara  Tuhan.  Ada beberapa  alasan  mengapa  kebanyakan  orang  gagal mendengar suara Tuhan.

  1. Tidak pernah intim dan hanya datang kepada Tuhan dan hadiratNya bila membutuhkan pertolongan saja.
  2. Memanfaatkan hadirat Tuhan  untuk kepentingan memuaskan nafsu dan hasrat saja. Di saat mereka perlu Tuhan, mereka akan memperlakukan Tuhan  sebagai pesuruh,  tetapi  kalau  tidak  butuh Tuhan, mereka tidak mempedulikan Tuhan.
  3. Mencari Tuhan dengan setengah hati dan suam-suam kuku, mudah putus asa, kecewa dan mudah berpindah iman dan haluan.

Firman Tuhan yang dicatatkan di dalam Aklitab berkata bahwa seharusnya apabila kita hormat dan takut akan Tuhan, menjaga keintiman dengan Tuhan melalui doa dan penyembahan yang sungguh-sungguh, selalu tinggal di dalam hadiratNya, dan mencari dengan sungguh- sungguh, maka sesungguhnya mendengarkan suara Tuhan adalah hal yang biasa.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s