Lebih dari hidup

Bacaan: Daniel 6

Ketika Daniel mengetahui bahwa perintah raja telah   dikeluarkan   dan   dimateraikan,   yaitu sebuah perintah yang berisi sebuah peringatan bahwa apabila dalam 30 hari di seluruh negeri Babel didapati siapa saja yang menyembah kepada allah lain selain baginda raja, mereka akan dimasukkan ke dalam gua yang berisi singa-singa yang lapar. Daniel dihadapkan oleh dua reaksi terhadap perintah itu yaitu: kebebasan memilih apakah mau ambil cuti dalam menyembah Tuhan, sebab perintah raja hanya 30 hari saja, maka dia akan selamat dari gua singa. Ataukah dia memilih untuk terus menyembah Tuhan dengan risiko masuk ke dalam gua singa dan menjadi santapan singa lapar.

Namun kita melihat, Daniel adalah orang yang setia kepada Tuhan, ia tetap berkeputusan hanya menyembah kepada Allah. Setiap harinya tiga kali dia naik ke atas loteng untuk sujud menyembah kepada Tuhan dengan mengambil risiko untuk dimasukkan ke lubang singa dan menikmati dahsyatnya pembelaan Tuhan, untuk menyatakan kemuliaan bagi Tuhan yang disembahnya sebagai Tuhan yang hidup dan Tuhan yang menyelamatkan.

Apabila perintah yang sama diberikan kepada kita, maukah kita mengambil risiko yang sama seperti Daniel? Memang sulit dan tidak semua dari  kita  berani  mengambil  risiko  walaupun kita tahu bahwa Tuhan yang kita sembah adalah sama dengan Tuhan yang disembah Daniel yang sanggup menyelamatkan.

Mengapa Daniel sanggup menjalani semua risiko itu? Kuncinya adalah Daniel mengalami Tuhan dan merasakan kasih karuniaNya secara pribadi, maka Daniel berani mengambil risiko. Dia tahu bahwa kasih karunia Tuhan itu telah memberikan kehidupan, sehingga kasih karunia Tuhan tentu akan lebih dari hidup itu sendiri dan di dalam kasih karuniaNya, Tuhan sanggup membelanya dengan mengubahkan kesempitan menjadi kesempatan, mengubah kemalangan menjadi kemenangan, membawa kita dari satu kemuliaan kepada kemuliaan yang lain.

 

 

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s