Mental seorang pemenang

Bacaan: Roma 5:1-11

Banyak  turnamen  tenis  yang  diselenggarakan setiap  tahunnya,  dan  dalam  setiap  turnamen terjadi   pertarungan   yang   sengit   antar   petenis profesional. Sehingga dalam setiap turnamen selalu terjadi kemenangan dan kekalahan. Semua pemain yang   bermain   di   turnamen   tersebut,   memiliki kemampuan  professional  yang  menjadikan  setiap turnamen sebuah tontonan menarik sehingga wajar- lah  apabila  seorang  pemain  profesional  menjadi Kecewa bila mereka gagal.

Menarik untuk dikaji di sini adalah bagaimana sikap mereka yang kalah yang tentunya mengalami kekecewaan besar saat itu. Tetapi mereka tidak teng- gelam dalam kekecewaan yang berlarut-larut, mereka tidak berputus asa melainkan terus berlatih untuk menjadi lebih baik lagi. Mereka belajar dari kegagalan dan terus dengan semangat, rajin, tekun mengikuti semua latihan sebagai sebuah proses untuk naik tingkat. Itulah mentalitas seorang pemain profesional yang tidak pernah tenggelam dalam sebuah kegagalan tetapi terus bertanding agar pengalaman mereka lebih matang dan siap menjadi juara. Andaikan seorang pemain profesional bersikap melankolis dan terus larut dalam kekecewaan, maka saya yakin pemain seperti ini akan menjadi pemain temperamental, terus menurun dan tidak pernah naik dan tidak akan pernah menjadi juara.

Anda, oleh darah Yesus yang kudus telah ditetapkan untuk menjadi seorang pemenang, tetapi ada banyak hal yang perlu kita lakukan untuk bisa menjadi seorang pemenang. Pemain tenis   bermental   juara   itu   memberikan   kita contoh untuk tidak terlarut dalam kekecewaan, tidak gampang menyerah, tekun, belajar dari kesalahan/kegagalan, dan terus berusaha. Anda jauh lebih baik dari pemain profesional tersebut, karena  Anda  telah  ditetapkan  menjadi  lebih dari pemenang. Tetapi pilihan untuk menjadi pemenang dan lebih dari pemenang ditentukan oleh Anda.

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s