Kenaikan Yesus ke Sorga

Dan berkata kepada mereka ; “Hai orang-orang Galilea,mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini,yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke surga”– Kisah Para Rasul 1:11

Peristiwa kenaikan Tuhan Yesus ke surga merupakan peristiwa yang sangat penting dan penuh keagungan sebelum kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali.

Saat memikirkan tentang kenaikan Tuhan Yesus ke surga, kita harus mengingat bahwa Dia akan datang kembali. Setelah kenaikan-Nya ke surga, dua orang malaikat mengatakan bahwa Tuhan Yesus yang terangkat ke surga akan datang kembali (1:11) kata “terangkat” atau naik berarti “pergi ke atas” istilah ini mempunyai arti yang khas dan lebih dalam ketika diaplikasikan pada kenaikan Tuhan Yesus ke surga.

Kenaikan Tuhan Yesus unik dan melampaui peristiwa terangkatnya Henokh (Kejadian 5:21-24; Ibrani 11:5) dan Elia (2 Raja-Raja 2:11).

Kenaikan Tuhan Yesus ke surga memiliki keunikan khusus :

  1. Tuhan Yesus pergi ke tempat yang khusus dan jelas, yaitu di sebelah kanan Allah Bapa, artinya Ia memegang otoritas atas dunia ini dan Ia diteguhkan sebagai Raja di atas segala raja.
  2. Tuhan Yesus pergi untuk memasuki tempat yang mahakudus dan melanjutkan pekerjaan-Nya sebagai Imam Besar.
  3. Tuhan Yesus pergi untuk menggenapi peran-Nya sebagai Hakim bagi semua bangsa dan semua orang di dunia ini. Walaupun Tuhan Yesus akan datang kembali sebagai Hakim, Ia juga ditetapkan Allah sebagai Pembela kita. Oleh karena itu, pada waktu penghakiman terakhir, Tuhan Yesus akan datang sebagai Hakim sekaligus sebagai Pembela kita.

Kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali adalah pasti. Oleh karena itu, marilah kita yang hidup di antara kedatangan Tuhan Yesus yang pertama dan yang kedua menjaga hati dan iman serta terus berjaga-jaga menanti kedatangan-Nya.

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s