Memandang Tujuan Akhir

Bacaan: Ulangan 8:1-3, 11-16

Hanya dalam jangka waktu satu tahun, bisnis penerbitan yang selama ini sukses dijalankan oleh Richard LeMieux harus mengalami kebangkrutan. Hartanya lenyap, dan ia pun jatuh depresi. Akhirnya, LeMieux mulai kecanduan minuman keras dan keluarganya pun meninggalkannya. Di titik terendah dalam hidupnya, ia menjadi seorang tunawisma yang hidupnya hancur dan melarat. Namun, pada saat itulah ia berpaling kepada Allah. Ia kemudian menulis sebuah buku tentang pelajaran yang diperolehnya dari pengalaman sulit tersebut.

Bangsa Israel mendapat pelajaran rohani yang berharga ketika Allah memperkenankan mereka mengalami ketiadaan tempat tinggal, ketidakpastian, dan bahaya. Kesulitan hidup telah membuat mereka untuk belajar rendah hati (Ul. 8:1-18).

Bangsa Israel belajar bahwa Allah akan menyediakan segala kebutuhan mereka. Ketika mereka lapar, Dia memberi mereka manna. Ketika mereka haus, Dia memberi mereka air yang keluar dari batu karang. Allah mengajari mereka bahwa di tengah masa-masa sulit pun, Dia bisa memberkati mereka (ay.1). Akhirnya, orang Israel belajar bahwa kesulitan bukanlah tanda bahwa mereka telah ditinggalkan Allah. Musa mengingatkan mereka bahwa Allah telah memimpin mereka selama empat puluh tahun di tengah padang gurun (ay.2).

Ketika mengalami keputusasaan, kita bisa mencari pelajaran-pelajaran rohani yang terkandung dalam kesulitan-kesulitan kita. Setiap pelajaran itu dapat menolong kita untuk bersandar kepada Allah yang turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi kita dan demi kemuliaan-Nya (Rm. 8:28).

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s