Pekerjaan Roh Kudus

“Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman.” (Yohanes 16:8) 

Tuhan Yesus menghibur murid-murid-Nya dengan mengutus Roh Kudus sebagai penghibur dan pendamping mereka, apabila Yesus sudah tidak bersama-sama mereka lagi di bumi. Bukan hanya itu, Roh Kudus juga akan menginsafkan dunia akan dosa. Karena hati manusia telah dibutakan oleh dosa dan tidak tahu kebenaran maupun merasa takut akan penghakiman Tuhan. 

Pertama, Ia datang untuk menginsafkan dunia akan dosa. Yesus menekankan pekerjaan Roh Kudus yang signifikan, khususnya berkaitan dengan dosa yang telah membutakan hati nurani mereka, yang membuat mereka tidak dapat menerima kebenaran dan percaya kepada Kristus. Roh Kudus akan bekerja dalam hati manusia yang berdosa untuk menginsafkan (menyadarkan) akan kesalahan fatal yang ia lakukan, yaitu penolakan dan ketidakpercayaan kepada Kristus. Kedua, Ia akan menginsafkan tentang kebenaran. Keberadaan Tuhan Yesus tidaklah sama dengan tokoh-tokoh agama atau pemimpin Yahudi lainnya. Yesus adalah Mesias, Juruselamat umat manusia yang dinanti-nantikan (Yoh. 4:42). Roh Kudus juga akan menyadarkan orang-orang bahwa Kristus adalah Anak Allah yang diutus ke dalam dunia, “Barangsiapa percaya kepada Anak, ia beroleh hidup yang kekal, tetapi barangsiapa tidak taat kepada Anak, ia tidak melihat hidup, melainkan murka Allah tetap ada di atasnya” (Yoh. 3:36). Ketiga, Ia akan menginsafkan tentang penghakiman. Segala sesuatu yang berhubungan dengan ketidakpercayaan dan penolakan kepada Sang Anak (Kristus) akan dihakimi, termasuk penguasa dunia (yakni Iblis), pemberontak dan pengacau dunia telah dihakimi. Hanya mereka yang disadarkan Roh Kudus dan mau percaya Yesus Kristus, niscaya tidak akan dihukum. 

Berkat kehadiran Roh Kudus yang telah menjamin kehidupan anak-anak-Nya, maka anak-anak-Nya tidaklah perlu kuatir dalam menghadapi masa depan mereka. Demikian juga bagi kita yang percaya, akan beroleh damai sejahtera. Jika Anda belum terpanggil, saat ini Roh Kudus sedang menginsafkan Anda agar luput dari penghakiman kekal. 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s