Berjaga-jagalah

Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.  Lawanlah dia dengan iman yang teguh, sebab kamu tahu, bahwa semua saudaramu di seluruh dunia menanggung penderitaan yang sama.  Dan Allah, sumber segala kasih karunia, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu, sesudah kamu menderita seketika lamanya. Ialah yang empunya kuasa sampai selama-lamanya! Amin  1 Petrus 5:8-11

Sebab dosa telah masuk ke dalam dunia melalui seorang manusia yaitu Adam dan mulai sejak itu, tidak ada seorang pun dilahirkan dengan sifat baik hati. Namun setelah kita mengenal dan percaya pada Tuhan Yesus, maka Roh Kudus yang adalah kasih dapat  memampukan  kita  melakukan  perbuatan­ perbuatan kasih.

Tetapi karena kita masih tinggal di dalam dunia, maka sisi kemanusiaan kita yang membawa sifat dosa akan terus mempengaruhi kita untuk berbuat dosa dan melakukan kejahatan. Setiap hari iblis bagaikan singa yang mengaum­ngaum siap untuk menerkam mangsanya. Iblis juga giat bekerja untuk melepaskan kebohongan demi kebohongan, supaya melalui kebohongan itu dia dapat menyebar kekhawatiran yang dapat mempermudah dia untuk menebarkan kebinasaan.

Namun  apabila  kita  memiliki  hati  yang peka  pada  firman  Tuhan  dan  tuntunanNya, maka  setiap  hari  bahkan  setiap  waktu  Roh Kudus berkata bahwa Dia turut bekerja untuk mendatangkan kebaikan untuk menghalaukan segala ketakutan dan kekhawatiran, supaya barangsiapa yang percaya kepada Tuhan dan janji­janjiNya akan memperoleh damai sejahtera.

Setiap hari dalam kehidupan kita adalah peperangan dan hal ini dimaksudkan Tuhan untuk melatih roh kita supaya kita senantiasa berjaga­jaga dalam kewaspadaan agar keinginan daging yang menebar dosa tidak menjadi lepas kendali dan melahirkan maut. Tapi sebaliknya, keinginan daging itu dikendalikan oleh Roh Kudus supaya dari hari ke hari dapat menjadi kecil dan hilang.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s