Hanya di dalam Allah saja

karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya—Fil 2:13

Seorang anak yang lahir dan tinggal dalam lingkungan yang keras dan tiap hari melihat orangtuanya hidup dalam kekerasan dan kejahatan, pasti akan keluar sebagai orang yang keras dan jahat sampai dia menemukan dan bergaul dengan pribadi yang lembut dan penuh kasih. Sementara, seorang anak yang lahir dan tinggal dalam lingkungan yang penuh kasih sayang dan tiap hari melihat orangtuanya hidup dalam kebaikan dan melakukan kebaikan, pasti akan menjadi orang yang baik hati.

Jadi sangatlah jelas bahwa perbuatan baik tidak dapat diusahakan ataupun dibuat, sebab kalau manusia berusaha untuk melakukan perbuatan baik tanpa Roh Tuhan, maka keadaan yang dialami oleh rasul Paulus seperti yang tercatat dalam Roma 7:14 akan terjadi pada kita dengan tingkat yang lebih buruk lagi.

Ketika Paulus yang adalah seorang rasul mencoba melakukan perbuatan baik dengan kekuatan sendiri, dosa selalu membuat dia melakukan hal­hal yang tidak baik yang tidak dimaksudkan  olehnya.  Karena  memang  tidak ada  sesuatu  yang  baik  yang  dapat  diandalkan di dalam kehidupan kedagingan manusia yang penuh dosa. Tetapi hanya oleh kasih karunia Tuhan Yesus Kristus, rasul Paulus dapat dilepaskan  dan  dibebaskan  dari  penjara  dosa yang membelenggunya.

Sebab    itu    Paulus    menuliskan    dalam Filipi 2:13 bahwa hanya oleh kasih dan kuasa Roh Tuhan di dalam hidup kita, maka kita dimampukan untuk melakukan perbuatan kasih yang sesuai dengan kehendak Tuhan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s