Beristirahat dengan benar

Hanya dekat Allah saja aku tenang, dari pada-Nyalah keselamatanku. Hanya Dialah gunung batuku dan keselamatanku, kota bentengku, aku tidak akan goyah — Mazmur 62:2-3

Istirahat yang diberikan Tuhan kepada orang­orang yang dicintainya tidaklah selalu berarti sebuah perhentiaan total dari pekerjaan dan tugas­tugas kita. Amanat Agung Tuhan Yesus berkata agar kita pergi dan menjadikan segala bangsa murid Tuhan, artinya adalah sebuah perintah untuk terus bekerja di mana pun kita berada dan ditempatkan sebagai alat kemuliaan Tuhan.

Sangat sering keletihan kita itu disebabkan oleh kekhawatiran yang timbul dari sebuah keragu­ raguan yang sejatinya bukan berkaitan atau karena proses pekerjaan itu sendiri. Pada saat kita khawatir, energi kita akan habis terfokus kepada hal­hal yang tidak perlu sehingga pikiran kita menjadi lelah karena menerawang terlalu jauh dalam sebuah pola pertanyaan negatif, “Bagaimana kalau … jangan­ jangan ….” Dalam banyak keadaan seseorang yang terlalu khawatir akan kehabisan tenaga sebelum memulai sebuah keadaan dan kenyataan yang disebut kalah sebelum berperang.

Istirahat yang diberikan Tuhan kepada orang yang dikasihNya lebih bermakna kepada damai sejahtera dan sukacita ilahi yang memberi kita penyegaran dan kekuatan untuk menyelesaikan setiap hal yang ditugaskan kepada kita, walaupun pekerjaan tersebut berat dan memerlukan tanggung jawab yang tinggi.

Pola kehidupan orang benar adalah menjadi lebih dari pemenang sebab Tuhan yang kepadaNya kita menyembah sudah mengalahkan dunia. Karenanya, dalam memulai sebuah pekerjaan, terlebih dahulu tanggalkanlah rasa khawatir Anda, mulailah sebuah pekerjaan dengan mengundang campur tangan Tuhan, dan lihatlah bagaimana Tuhan turut bekerja membuka jalan dengan cara-Nya yang heran untuk mendatangkan kebaikan kepada mereka yang mengandalkan Tuhan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s