Anugerah Tuhan

Bacaan: Kejadian 26:1-22

Setelah Tuhan Yesus naik ke surga, Allah Bapa mengutus Roh Kudus sebagai pribadi yang menolong dan menghibur. “Tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.” (Yohanes 14:26).
Hadirnya Roh Kudus adalah tanda dimulainya masa anugerah, di mana anugerah Tuhan dicurahkan dengan kuantitas dan kualitas yang lebih dari yang pernah dilakukan sebelumnya.

Anugerah adalah sesuatu yang diberikan kepada seseorang yang tidak dalam posisi untuk menerima, sebab itu anugerah sifatnya cuma­cuma dan tidak ada syarat. Mukjizat adalah salah satu bentuk anugerah kasih yang diberikan kepada mereka yang berseru memanggil nama Tuhan. Dan oleh belas kasih Tuhan maka anugerah itu diberikan supaya melalui anugerah tersebut, pembelaan Tuhan nyata pada orang yang dikasihiNya.

Kapan dan pada peristiwa apa anugerah kasih Tuhan itu nyata untuk dinyatakan? Jawabannya adalah pada masa krisis, resesi, atau musibah. Ingatkah Anda dalam Kitab Kejadian saat kelaparan hebat melanda bangsa Filistin di mana Ishak tinggal, namun pada saat yang sama, orang pilihan Tuhan, Ishak menuai beratus kali di musim kekeringan.

Tuhan tidak akan pernah meninggalkan kita sendirian, Dia akan bersama dengan kita bahkan tinggal dalam kita. Dan bersama dengan Tuhan, Dia ubahkan persolan, krisis, kekeringan untuk mempermuliakan orang yang berharap kepadaNya.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s