Pikiran Kristus

Bacaan: Yohanes 15:1-8

Pikiran apa yang sedang Anda pikirkan saat ini, coba tuliskan semua itu. Saya yakin tidak ada buku atau pun memori komputer yang dapat mencatat semua apa yang ada di pikiran kita. Sekarang mulailah memilah apa yang paling banyak dipikirkan oleh kita secara berulang­ulang: kekhawatiran akan masa depan, kenangan buruk masa lalu, ketakutan, kecurigaan, atau rencana jahat.

Apabila kesemua hal­-hal di atas terus dipikirkan berulang­ulang maka kalaupun hal­hal di atas mampu dicatatkan dalam memori komputer, saya yakin komputer pun akan macet, sebab tidak cukup banyak memori yang mampu mencatatkan keruwetan apalagi otak manusia jika hidup dalam tekanan, depresi, yang dapat membuat otak manusia menjadi error.

Semua itu sesungguhnya akan menjadi sangat mudah saat kita mau mengenakan pikiran Kristus untuk memahami bahwa Tuhan tinggal di dalam kita dan kita tinggal dalam Tuhan. Sebuah pikiran yang sepenuhnya percaya pada pemeliharaan Tuhan yang sanggup mencukupkan segala apa yang kita perlukan, dan Tuhan senantiasa bersama kita dan Dia tidak akan sekali­kali meninggalkan kita sendirian.

Dalam pikiran Kristus kita melihat segala sesuatunya hanya dengan iman yang terfokus kepada Tuhan saja, sehingga kita akan memiliki karakter seperti Kristus yang adalah perwujudan kepenuhan kasih Tuhan. Dalam kepenuhan kasih Tuhan, kita tidak perlu kuatir akan apapun juga. Sebab di dalam kasihNya, Tuhan terbukti sanggup menyediakan apa saja yang dibutuhkan dan kita akan hidup dalam kasih yang tidak menyimpan dendam dan kepahitan, tetapi senantiasa melepaskan pengampunan dan pertobatan. Selain itu kita akan hidup dalam kasih yang tidak mengingat-­ingat kegagalan, melupakan kejadiaan di masa lalu dan memandang masa depan dengan penuh pengharapan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s