Kebenaran

Bacaan: Yohanes 8:30-36

Pilatus pernah bertanya kepada Yesus dalam Yohanes 18:38, “Apakah kebenaran itu?” Setelah Pilatus mendengar pernyataan Yesus: “Aku datang ke dalam dunia ini, supaya Aku memberi kesaksian tentang kebenaran: setiap orang yang berasal dari kebenaran mendengarkan suaraKu”

Apakah kebenaran itu sebenarnya? Firman Tuhan berkata bahwa kebenaran akan membebaskan Anda dari kebohongan dan belenggu ikatan dosa.

Kebenaran tanpa Roh bukanlah kebenaran melainkan kebenaran yang palsu, sementara Roh tanpa kebenaran bukanlah Roh Tuhan. Sesuatu yang bukan dari Tuhan berasal dari iblis. Dan apa yang dikerjakan iblis dalam hidup manusia? Pencuri datang bertujuan untuk mencuri, membunuh dan membinasakan (Yohanes 10:10).

Jadi sangat jelas bahwa hanya dengan Roh Kudus kita dapat menemukan kebenaran yang dapat membebaskan kita dari segala tipu daya dan ikatan tradisi yang sia­ sia. Seperti yang dicatatkan dalam Hukum Taurat namun disalah terapkan oleh manusia sehingga membuat manusia lebih cenderung menuhankan aturan daripada memakai aturan sebagai alat untuk hidup menyenangkan Tuhan.

Ada beberapa peristiwa mukjizat yang dilakukan oleh Tuhan Yesus terjadi di hari Sabat. Tuhan Yesus ingin meluruskan aturan yang salah dalam Hukum Taurat bahwa hari Sabat dibuat untuk manusia, bukan manusia untuk hari Sabat. Bahwa sesungguhnya hari Sabat adalah hari memuliakan dan menyembah Tuhan, bukan hari yang menghalangi penyataan kemuliaan nama Tuhan.

Oleh sebab itu jangan sampai kita ditipu oleh iblis. Miliki kebenaran dalam Roh yang akan membawa kita untuk terus naik dan memuliakan Tuhan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s