Mana yang lebih besar: hati atau pikiran?

Bacaan: Keluaran 17:1-7

Pikiran adalah areal kekuasaan iblis sebab Roh Tuhan tidak tinggal di dalam pikiran, dan karena Roh Kudus tidak tinggal di dalam pikiran, maka di pikiran Anda terdapat banyak sekali fakta­-fakta, rasio-­rasio yang walaupun sudah berkembang sangat tinggi namun masih saja sangat terbatas. Oleh karena keterbatasan pikiran, maka pikiran yang terbatas itu dapat membatasi manusia dan membawa manusia pada perangkap ketidakmungkinan yang membuat manusia teramat sering menjadi ragu­ragu dalam bertindak,bahkan kalah dulu sebelum mencoba.

Seperti pada waktu sepuluh pengintai Israel yang kembali dari pengintaian Tanah Kanaan. Apa yang mereka lihat adalah fakta bahwa Tanah Kanaan memang tanah yang sangat subur berlimpah susu dan madu, tetapi tanah tersebut didiami para raksasa Anakim yang besar­besar dan dilindungi dengan benteng yang kuat. Fakta tersebut hinggap dipikiran mereka yang terbatas dan seketika itu juga pikiran yang terbatas itu melupakan kuasa Tuhan yang dahsyat ketika Tuhan mendemonstrasikan kuasaNya dengan membelah laut Teberau. Fakta keberadaan raksasa dalam tembok besar tersebut menghantui mereka dan membuat mereka menjadi panik sehingga mereka memberontak kepada rencana Tuhan untuk kembali ke tanah Mesir. Pada waktu itu pikiran mereka yang terbatas lebih besar dari hati mereka.

Hari ini Tuhan mengajarkan sebuah sumber kekuatan yang tidak terbatas yang terletak dalam hati. Seperti yang diketahui bahwa Roh Kudus yang adalah pribadi Tuhan itu tinggal di dalam hati yang percaya kepada Tuhan Yesus. Dia tidak tinggal di dalam pikiran manusia dan perlu diketahui bahwa segala sesuatu di mana tidak ada kehadiran Roh Kudus akan menjadi daerah kekuasaan iblis. Hati yang penuh Roh Kudus akan membentuk iman seteguh batu karang yang mampu melihat pekerjaan Tuhan di alam Roh yang tidak terbatas seperti dua pengintai lain yaitu Yosua dan Kaleb. Mereka memiliki hati yang penuh Roh Kudus yang lebih besar dari pikiran manusia.

Akhirnya memang hanya Yosua dan Kaleb yang dapat menikmati susu dan madu Tanah Kanaan bersama seluruh keturunannya.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s