Bijaksana dan bodoh

Bacaan: Matius 25:1-13
Anda tentu sering mendengar kisah tentang lima gadis yang bodoh dan lima gadis yang pintar di Alkitab. Yang membedakan kedua kelompok itu adalah bahwa gadis yang bodoh tidak membawa persediaan minyak sementara kelompok yang bijak membawa persediaan minyak yang cukup. Gadis kelompok yang bodoh ini dipandang bodoh disebabkan oleh perasaan egois di mana masing-masing orang dalam kelompok itu ingin menonjol.

Bayangkan, apabila mereka dapat bekerja sama, maka walaupun mereka tidak membawa persediaan, mereka pasti dapat menunggu sampai pesta perkawinan dimulai dengan cara menyalakan hanya 1 lampu saja sementara 4 lampu yang lain dipadamkan untuk menghemat minyak dan memakai minyak di dalam 4 lampu yang lain sebagai cadangan. Jika mereka mau bekerja sama dan tidak egois maka mereka akan dapat menantikan sampai pesta perkawinan dimulai. Dalam kisah tersebut disebutkan bahwa egois dan mementingkan diri sendiri dapat membuat seseorang melakukan tindakan yang bodoh.

Demikian juga dengan kita. Pada hari-hari ini, pekerjaan kita tidak hanya banyak tetapi akan semakin kompleks dan rumit. Kita memerlukan kerja sama untuk menghasilkan sesuatu yang maksimal dan menguntungkan. Tetapi kalau masing-masing anggota di dalam sebuah kelompok mulai egois dan mau menonjol sendirian, maka kelompok tersebut bisa melakukan banyak kebodohan. Kelompok itu akan dinilai bodoh sebab masing-masing orang didalam kelompok tersebut saling bersaing untuk menjadi yang terbaik. Kita pasti sudah tahu hasil akhirnya, kelompok tersebut akan tercerai-berai dan runtuh.

Salah satu bentuk aplikasi hikmat adalah bagaimana setiap orang percaya dapat berfungsi maksimal dalam sebuah kerja sama untuk mengerjakan sebuah pekerjaan yang lebih besar lagi dan menyelesaikannya dengan baik agar memperoleh keberhasilan yang lebih besar lagi.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s