Jangan melupakan Tuhan dalam perencanaan

Bacaan: Yakobus 4:13-17

Banyak kesalahan yang dapat terjadi saat kita hanya merencanakan sebuah hasil atau tujuan, tanpa memperhitungkan prosesnya. Sebab apabila rencana kita hanya tertuju pada hasil, maka apa yang dapat kita lakukan adalah mencari jalan pintas yang instan yang dapat membuat kita cenderung menghalalkan segala cara untuk mendapatkannya. Tetapi apabila kita merencanakan prosesnya dengan melibatkan Tuhan, maka walaupun hasil yang didapat belum sesuai dengan apa yang diharapkan tetapi kita akan terus dengan bijak mencoba dan bertekun. Sebab kita tahu bahwa Tuhan akan memperhitungkan sebuah proses lebih daripada keberhasilan.

Untuk hal tersebut, Tuhan tidak segan melatih kita supaya melalui proses yang diizinkanNya, kita akan medapatkan kedewasaan iman. Apabila kita didapati setia dalam proses dan tampil dengan tidak bercacat cela maka sesuai dengan firman Tuhan, segala sesuatu yang kita kerjakan akan dibuat Tuhan berhasil dan beruntung bahkan Dia akan memenuhi segala sesuatunya.

Firman Tuhan hari ini mengajarkan kepada kita untuk selalu menyadari bahwa kita adalah manusia biasa yang seperti uap yang segera akan hilang. Ini sebuah kenyataan yang menegaskan bahwa kita perlu Tuhan dalam segala keadaan. Untuk itu kita harus selalu melibatkan Tuhan dalam setiap perencanaan kita. Dan di dalam setiap rencana yang dibuat bersama Tuhan, Dia menjanjikan sebuah proses yang dapat membentuk iman kita untuk sepenuhnya bergantung dan berserah kepadaNya. Dia akan menuntun kita dan membuat hati kita peka terhadap tanda-tanda yang dapat dipergunakan Tuhan untuk menuntun kita masuk ke dalam penggenapan janji Tuhan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s