Langkah-langkah seorang pemenang

Bacaan: II Timotius 4:1-8

Dalam sebuah pertandingan lari jarak jauh, tidak semua yang berlari lebih awal dapat menjadi yang terdahulu atau bahkan menjadi pemenang mencapai garis finish. Sebab banyak yang berlari terlebih dahulu akhirnya berhenti di tengah jalan. Ada beberapa hal yang diperlukan oleh seorang pelari agar dapat mencapai garis finish:
1. Seorang pelari harus memiliki roh pemenang
2. Seorang pelari harus memiliki komitmen untuk mencapai garis finish
3. Seorang pelari harus memiliki konsistensi dalam mencapai tujuan
4. Seorang pelari harus memiliki fokus yang jelas untuk mencapai tujuan
5. Seorang pelari harus berlatih dengan tekun, dan tidak mudah menyerah

Begitu pula kehidupan rohani kita. Mungkin kita telah menjadi Kristen dan hidup dalam iman Kristen selama berpuluh-puluh tahun, tetapi tidak sedikit yang gugur di tengah jalan dan gagal mengakhir pertandingan dengan baik. Kebanyakan dari yang gugur tidak memiliki 5 hal di atas. Dalam garis besarnya mereka tidak memiliki Roh Kudus yang mengakibatkan motivasi mereka menjadi salah dan melenceng dari rencana Tuhan, tidak memiliki komitmen hidup untuk Tuhan tetapi hidup untuk diri sendiri, akibatnya konsistensi pelayanan mereka naik dan turun untuk kemudian iman itu menjadi redup, pudar dan mati.

Kalau kita melakukan kelima langkah tersebut, maka dalam segala yang kita lakukan akan kita lakukan dengan yang terbaik seperti kita melakukannya untuk Tuhan dan bukan kepada manusia. Dengan demikian kita akan punya visi dan motivasi untuk fokus mempermuliakan Tuhan. Pelayanan dan apa yang kita lakukan sebaik-baiknya tidak akan naik turun tetapi akan terus naik dan tidak pernah akan turun. Kita tidak akan bermain-main dan hitung-hitungan dengan Tuhan tetapi all out untuk Tuhan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s