Waktunya Singkat

Bacaan hari ini: 1 Korintus 7:29-31
“… Sebab dunia seperti yang kita kenal sekarang akan berlalu.” (1 Korintus 7:31)

“Ada, dan harus ada” perbedaan yang nyata antara perbuatan orang Kristen dengan orang yang belum percaya. Perbedaan yang didasarkan atas iman dan ucapan syukur atas karya Juruselamat yang menjadikannya sebagai manusia baru. Namun di samping alasan utama tersebut, Paulus mengatakan perbedaan juga harus dipicu dari pemahaman bahwa “waktu telah singkat” (ay. 29). Manusia sekarang ini berada dalam masa akhir zaman, di mana kedatangan Tuhan sudah dekat. Tetapi frasa “waktu telah singkat” harus dipahami dalam hubungannya dengan keabadian Allah, sebab di hadapan Allah, seribu tahun sama dengan satu hari (Mzm. 90:4). Dengan pemahaman demikian, maka seseorang tidak akan menafsirkan “waktu telah singkat” ini dengan salah.

Sehubungan dengan “waktu yang singkat”, Paulus mengingatkan agar orang Kristen tidak terikat oleh segala sesuatu yang ada di dunia. Ketika Paulus mengatakan, “orang yang beristri harus berlaku seolah-olah tidak beristri,” (ay.29) bukanlah sebuah larangan untuk memperhatikan istrinya. Demikian halnya kalimat “orang menangis seolah-olah tidak menangis” bukanlah sebuah larangan untuk menangis. Namun yang dimaksud Paulus di sini adalah, menjalani waktu yang singkat ini, setiap orang Kristen harus mengarahkan pandangannya pada Tuhan. Perbuatan orang Kristen harus didasari konsep “kedatangan Tuhan sudah dekat.” Karena itu, jangan sampai istri, kesedihan, kegembiraan atau bahkan harta yang ada di dunia ini menjadi penghalang bagi seseorang untuk menyambut kedatangan Tuhan, dengan baik.

Paulus tidak ingin seorang Kristen tidak siap menyambut kedatangan Tuhan karena hatinya dikuasai dengan berbagai hal di dunia. Orang yang siap menyambut kedatangan Tuhan tidak memusatkan perhatiannya pada perkara duniawi. Menyambut kedatangan Tuhan berarti mendedikasikan hidupnya bagi Tuhan dalam waktu yang singkat ini, tanpa dihalangi semua hal duniawi. Bagaimana dengan Anda, apa yang sudah Anda persiapkan di waktu yang singkat ini untuk menyambut Tuhan?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s