Hidup Oleh Iman

Bacaan hari ini: Galatia 3:1-14
“Dan bahwa tidak ada orang yang dibenarkan di hadapan Allah karena melakukan hukum Taurat adalah jelas, karena: Orang yang benar akan hidup oleh iman.” (Galatia 3:11)

Beberapa waktu terakhir ini dunia digemparkan dengan pemberitaan mengenai orang-orang Kristen yang tinggal di Mosul, Irak. Mereka mengalami penganiayaan yang dahsyat namun banyak di antaranya rela mati demi mempertahankan imannya. Apakah yang membuat mereka bertahan sedemikian rupa?

Kata Yunani “dikaios” dapat diterjemahkan “tulus hati, adil,” atau dapat juga diterjemahkan “benar.” Dalam Matius 9:13 kita baca, Tuhan berfirman, “karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa.” Ia menghendaki orang berdosa untuk bertobat.

Pembenaran adalah tindakan Allah, yang oleh karena Kristus, menyatakan kita yang adalah orang-orang berdosa, yang karena iman kepada Kristus, kita dinyatakan sebagai orang benar. Bukan karena kita benar, namun Allah menerima kita sebagai orang benar. Kita tidak lagi ada di bawah penghakiman dan penghukuman, namun kita telah diperbaharui di dalam Kristus kepada anugerah dan kebaikan-Nya.

Dalam pemandangan Allah, Ia melihat kita melalui anugerah dan darah Yesus, kita bersih dan suci dan putih dan telah diselamatkan. Itulah pembenaran. Walaupun sesungguhnya kita adalah orang berdosa, namun Allah memandang kita bukan sebagai orang berdosa dan mengenakan pakaian kotor, melainkan Allah memandang kita dalam kasih dan anugerah dan rahmat Yesus dan menyatakan kita sebagai orang benar, oleh karena pembenaran-Nya, sehingga kita dilayakkan untuk menikmati kehidupan kekal bersama Allah.

Kiranya kebenaran ini menolong kita untuk semakin menghargai karya penebusan Kristus dengan tidak menukarkan iman kita dengan hal-hal lain yang ada di dunia ini. Kebenaran ini juga menguatkan kita untuk bisa terus bersaksi kepada sesama kita akan karya penebusan Kristus yang agung ini. Hiduplah dalam iman sebagai orang yang telah dimerdekakan dan menyatakan kebenaran Kristus, sehingga terang Kristus nampak bagi orang-orang di sekitar kita.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s