Ciri Khas Kehidupan Orang Kristen

Bacaan hari ini: Efesus 5:1-21
“Sebab itu jadilah penurut-penurut Allah, seperti anak-anak yang kekasih.” (Efesus 5:1)

Paulus melanjutkan bagaimana orang Kristen yang telah diperbaharui Roh Kudus, harusnya menunjukkan kehidupan sebagai anak-anak terang. Diawali dengan prinsip penting yaitu menjadi penurut Allah dan hidup dalam kasih Kristus (ay. 1-2), sebagai tekad bagi motivasi orang percaya dalam menjalani hidup. Motivasi ini didasarkan pada pemahaman bahwa Kerajaan Kristus dan Allah adalah tujuan akhir hidup anak-anak-Nya, sehingga ia akan menjauhi semua kecemaran, termasuk perkataan yang kotor, sembrono, kosong ataupun hampa (ay. 3-7).

Selain masalah gaya bicara yang harus menjadi perbedaan nyata antara orang percaya dengan orang durhaka, Paulus juga masuk ke dalam masalah perbuatan dalam hidup orang Kristen. Dengan diingatkan akan perpindahan dari gelap kepada terang (ay. 8) yang dialami oleh setiap orang percaya, maka sewajarnyalah hidup umat-Nya adalah sebagai anak-anak terang. Hidup di dalam terang pasti akan berbuahkan keadilan dan kebenaran, dan itu akan menelanjangi semua perbuatan menjadi nampak terang benderang (ay. 9-14).

Nasihat Paulus diakhiri dengan suatu prinsip penting mengenai gaya hidup orang percaya yang dipenuhi dengan kearifan atau bijaksana dengan mempergunakan waktu dan kesempatan yang ada untuk menjalankan kehendak-Nya (ay. 15-17). Prinsip ini didasarkan pada kesadaran bahwa kehidupan orang percaya di dunia sedang menghadapi kekuatan si jahat, yang merasuk ke semua sendi kehidupan manusia. Karena itu, anak Tuhan harus hidup oleh Roh, dan bukannya oleh hawa nafsu, sehingga seluruh kehidupannya dipenuhi ucapan syukur kepada Allah dan kerendahan hati dengan takut akan Tuhan (ay. 18-21). Dari semua ini, Paulus menegaskan adanya kualitas hidup orang percaya di dalam gaya bicara, perbuatan dan gaya hidup. Bagaimana dengan kita hari ini?

Marilah kita mulai hidup bukan dengan mengikuti kecemaran dunia ini, melainkan taat kepada pimpinan Roh Kudus dengan cara mengerjakan apa yang benar dan adil di hadapan-Nya.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s