Kasih Kristus: Dasar Hidup Suami Istri

Bacaan hari ini: Efesus 5:22-33
“Hai Isteri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan.” (Efesus 5:22)

Pernikahan adalah lembaga pertama yang Allah bentuk ketika menciptakan manusia untuk mewujudkan kesatuan dwitunggal yang indah antara suami dan istri. Seiring dengan masuknya dosa dalam kehidupan manusia, maka relasi suami-istri dalam pernikahan mengalami kerusakan dan bahkan banyak kecenderungan menghadapi kehancuran, termasuk dalam kehidupan pernikahan Kristen. Paulus melihat dengan jelas tantangan dan resiko pernikahan yang dihadapi oleh jemaat Kristen, karenanya ia memberikan nasihat yang sangat mendasar bagaimana suami-istri Kristen merajut relasi yang benar dalam ikatan kasih Kristus.

Nasihat untuk istri agar tunduk kepada suami dalam segala sesuatu (ay. 22) sebagai wujud penghormatan (ay. 33b) menjadi permulaan nasihat dalam ikatan suami-istri. Nasihat ini memiliki sifat kenabian di dalamnya, sesuai dengan makna inspirasi Kitab Suci yang berguna bagi suami-istri Kristen di sepanjang abad dan di segala tempat. Sifat profetik ayat ini teraplikasikan dengan sendirinya pada masa sekarang ketika emansipasi wanita terlalu dijunjung tinggi menjadi feminisme yang bisa menyebabkan tindakan perlawanan dari istri terhadap suaminya. Karena itu, tunduknya istri kepada suami disamakan dengan tunduknya jemaat kepada Kristus, sesuai dengan ordonansi ilahi.

Nasihat untuk suami agar mengasihi istri seperti Kristus mengasihi jemaat menjadi alasan dasar yang tidak terbantahkan, dengan tindakan pengorbanan diri, pengudusan, dan ketidak-bercelaan bagi kemuliaan (ay. 25-27). Ditambah dengan gambaran mengasihi istrinya seperti tubuhnya sendiri (ay. 28-29) untuk menyatakan kesatuan dwitunggal yang Allah kehendaki di antara suami istri (ay. 31), sebagaimana rahasia kesatuan antara Kristus dan jemaat-Nya (ay. 32). Demikianlah nasihat yang amat krusial bagi kehidupan suami-istri Kristen yang tidak bisa dilepaskan dari pemahamannya akan relasi dan ikatan Kristus kepada jemaat-Nya. Bagaimana dengan kondisi hubungan suami-isteri Anda hari ini? Ikuti dan taatlah kepada firman Tuhan!

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s